PENERAPAN MULTIMEDIA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR DI SMK

Penelitian dengan judul " Penerapan Multimedia Menggunakan Metode Problem Posing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran jaringan Dasar di SMK" bertujuan menerapkan multimedia menggunakan metode problem posing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ja...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hidayah, Qori Halimatul (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-14.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3298/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian dengan judul " Penerapan Multimedia Menggunakan Metode Problem Posing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran jaringan Dasar di SMK" bertujuan menerapkan multimedia menggunakan metode problem posing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran jaringan dasar di SMK. Langkah-langkah peneliti yang diterapkan menggunakan alur yang dimulai dari analisis, desain, pengembangan, implementasi dan penilaian. Analisis dilakukan terhadap kurikulum, mata pelajaran, materi, pengguna dan wawancara kepada guru mata pelajaran jaringan dasar kelas X TKI. Uji kelayakan ahli materi dan media merupakan uji kelayakan yang dilakukan oleh orang yang ahli pada bidang materi dan media. Pengujian menggunakan angket validasi ahli materi dan media. Hasil judgemen didapatkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan sangat baik dengan rata-rata kelayakan 81% dari aspek materi dan dinilai baik dari aspek media dengan persentase kelayakan 70% begitupun dengan respon siswa diperoleh rata-rata 91%. Prestasi siswa dengan membandingkan hasil tes sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran didapat kemajuan yang signifikan dengan rata-rata nilai gain 0,24 kelas eksperimen dan 0,09 kelas kontrol. Dengan demikian multimedia pembelajaran menggunakan metode problem posing yang dikembangkan layak untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran.;---The application of multimedia using problem posing method to increase the students' achievement in networking base subject in vocational secondary school. The purpose of this study is to apply multimedia using problem posing to increase the students' achievement in base networking subject in vocational secondary school. The research method in this study used analyze, design, development, implementation and accessing. The data analyze was using curriculum, material, user, and interview to the tracher of base networking subject. The instrument of this reaserch was using questionnaire. The result showed that using problem posing method in learning base networking subject is effective, in material aspect the mean is 81%, in media aspect the mean is 70%, and in students' aspect especially from their respond the mean is 91%. In experimental class the significant of score is 0,24, and in control class is 0.09. In other words, using multimedia of problem posing in learning base networking subject in vocational secondary school is recommended.
Item Description:http://repository.upi.edu/32908/1/S_KOM_1300164_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32908/2/S_KOM_1300164_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32908/3/S_KOM_1300164_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/32908/4/S_KOM_1300164_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32908/5/S_KOM_1300164_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32908/6/S_KOM_1300164_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32908/7/S_KOM_1300164_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32908/8/S_KOM_1300164_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32908/9/S_KOM_1300164_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32908/10/S_KOM_1300164_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32908/11/S_KOM_1300164_Appendix.pdf