BIMBINGAN KARIR DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK : Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kalitidu Bojonegoro Tahun Ajaran 2016/ 2017

Penelitian dilatarbelakangi dengan permasalahan rendahnya tingkat perencanaan karir peserta didik. Tujuan utama penelitian adalah merumuskan panduan bimbingan karir dengan teknik modeling yang efektif dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karir peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adal...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Zaroh, Septiani (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32913/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian dilatarbelakangi dengan permasalahan rendahnya tingkat perencanaan karir peserta didik. Tujuan utama penelitian adalah merumuskan panduan bimbingan karir dengan teknik modeling yang efektif dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karir peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent pretest-postest control group. Subjek penelitian adalah peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kalitidu Bojonegoro Tahun Ajaran 2016/2017. Data dikumpulkan melalui instrumen perencanaan karir. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk membandingkan nilai gain kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)frekuensi terbesar tingkat perencanaan karir peserta didik berada pada kategori kurang mampu; (2)panduan bimbingan karir dengan teknik modeling layak menurut pakar dan praktisi untuk meningkatkan perencanaan karir peserta didik dan (3) bimbingan karir dengan teknik modeling efektif meningkatkan perencanaan karir peserta didik.---- The research is based on the low level of career planning ability of students. The main objective of the study is to formulate career guidance with effective modeling techniques in improving the career planning ability of students. The research method used is quasi experiment with nonequivalent research design pretest-postest control group. The subjects of the study were students of Class VIII SMP Negeri 1 Kalitidu Bojonegoro academic year 2016/2017. Data are collected through career planning instruments. Technique of data analysis use t test to compare gain value of experiment group and control group. The results showed that:(1) the greatest frequency of career planning ability of students are in the less able category; (2) career guidance formulation with appropriate modeling techniques according to experts and practitioners improve career planning ability of the students and (3) career guidance with modeling techniques effective improve the career planning ability of the students..
Item Description:http://repository.upi.edu/32913/1/T_BK_1503396_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32913/2/T_BK_1503396_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32913/3/T_BK_1503396_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/32913/4/T_BK_1503396_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32913/5/T_BK_1503396_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32913/6/T_BK_1503396_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32913/8/T_BK_1503396_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32913/9/T_BK_1503396_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32913/10/T_BK_1503396_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32913/11/T_BK_1503396_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/32913/12/T_BK_1503396_Appendix2.pdf