PENGARUH MODEL MULTILITERASI INFORMASI DENGAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CERMAT TEKS BERITA : Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas V di Kecamatan Cileunyi

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca cermat teks berita siswa yang memperoleh model multiliterasi informasi dan siswa yang memperoleh model mind mapping, serta mengetahui perbedaan kem...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Purwati, Ledi Merlin (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-06.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32955/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03352 am a22003253u 4500
001 repoupi_32955
042 |a dc 
100 1 0 |a Purwati, Ledi Merlin  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH MODEL MULTILITERASI INFORMASI DENGAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CERMAT TEKS BERITA : Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas V di Kecamatan Cileunyi 
260 |c 2018-08-06. 
500 |a http://repository.upi.edu/32955/3/S_PGSD_1403967_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32955/1/S_PGSD_1403967_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32955/4/S_PGSD_1403967_Tabel_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32955/5/S_PGSD_1403967_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32955/6/S_PGSD_1403967_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32955/7/S_PGSD_1403967_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32955/8/S_PGSD_1403967_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32955/9/S_PGSD_1403967_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32955/10/S_PGSD_1403967_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32955/11/S_PGSD_1403967_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca cermat teks berita siswa yang memperoleh model multiliterasi informasi dan siswa yang memperoleh model mind mapping, serta mengetahui perbedaan kemampuan membaca cermat teks berita siswa yang memperoleh kedua model tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen, dengan desain the matching pretest-postest design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V sekolah dasar pada tahun ajaran 2017/2018 di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas V SD Cinunuk 05 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD Sukahaji 01 sebagai kelas pembanding. Jumlah siswa masing-masing sampel adalah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis yang diberikan saat pretes dan postes pada masing-masing kelas. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh kemampuan membaca cermat teks berita siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model multiliterasi informasi dan model mind mapping. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil one sample t-test terhadap data pretes dan postes masing-masing kelas, yaitu di kelas eksperimen dan kelas pembanding dengan taraf signifikansi 0,000. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan membaca cermat teks berita pada kelas eksperimen dan kelas pembanding. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji independent sample t-test pada kedua kelas dengan taraf signifikansi 0,47. Sehingga model multiliterasi informasi dan model mind mapping dapat digunakan dalam kemampuan membaca cermat teks berita, namun model mind mapping memiliki pengaruh yang lebih efektif dibandingkan dengan model multiliterasi informasi yang dapat dilihat dari selisih nilai pretes dan postes kedua kelas. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/32955/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/32955/