PERBEDAAN KEBERHASILAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN TEKNIK NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI : kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XI IPS di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran sosiologi di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung. Dalam hal ini peneliti menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, yaitu model pembelajaran TGT dan model pembelajaran NHT. Diantara kedua model...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Herlianti, Esti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32976/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran sosiologi di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung. Dalam hal ini peneliti menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, yaitu model pembelajaran TGT dan model pembelajaran NHT. Diantara kedua model ini peneliti akan meneliti adakah perbedaan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sosiologi. Dari penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen. Dalam mengumpulkan data peneliti melakukan prettest dan posttest terhadap ketiga kelas yang dikenakan penelitian, yaitu kelas eksperimen 1, yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran TGT. Kelas eksperimen 2 diberikan perlakuan dengan model pembelajaran NHT serta kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran konvesional. Ketiga kelas ini sebelum diberikan perlakuan, diberikan prettest terlebih dahulu untuk mendapatkan sampel hasil belajar. Setelah diberikan perlakuan, diberikan posttest. Teknik analisis data dengan cara perbandingan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan uji-t (t-test). Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kelas eksperimen 1, model pembelajaran TGT mendapatkan hasil belajar lebih tinggi dibanding kelas kontrol, yang diberikan model pembelajaran konvensional. Kelas eksperimen 2, model pembelajaran NHT mendapatkan hasil belajar lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yang diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional. Dan kelas eksperimen 1, model pembelajaran TGT mendapatkan hasil belajar yang sama dengan kelas eksperimen 2, yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran NHT pada mata pelajaran sosiologi. ;--- This research aim to determine results of the study subjects in high school sociology Laboratorium Percontohan tend to be low in UPI Bandung. In this case the researchers implementing a learning model based on the students, who were learning the TGT and learning NHT. Therefore two model researcher applied results to learning sociology. To get the results of this reserach researchers used method research quasi experiment. In collecting data researachers do prettest and posttest into third class worn research, namely class 1 experiment 1, as a class given the treatment with a model of learning TGT. The class experiment 2 given the treatment with a model of learning NHT, and class control. To that class of control, given the treatment with a model of learning conventional. Of the there this class before given the treatment, given pretest first to get a sample result of the study. Having given the treatment. Technique of data analysis is done by comparing the results study of student by using t-test. The results showed that class experiment I given the treatment with a model of learning TGT get the learning higher than the class control, given a model of learning conventional. Classroom experimnets 2 given model treatment learning NHT get the learning higher than the class control, given a model of learning conventional. And the experimnet 1 with a model of learning TGT get result similiar a difference than 2, experiments with class given treatmnet by model of learning NHT on subject of sociology.
Item Description:http://repository.upi.edu/32976/1/S_SOS_1305485_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32976/2/S_SOS_1305485_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32976/3/S_SOS_1305485_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/32976/4/S_SOS_1305485_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32976/5/S_SOS_1305485_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32976/6/S_SOS_1305485_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32976/7/S_SOS_1305485_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32976/8/S_SOS_1305485_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32976/9/S_SOS_1305485_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32976/10/S_SOS_1305485_Appendix.pdf