PEMBELAJARAN MULTILITERASI INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR : Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung

Penelitian ini mengkaji pengaruh model pembelajaran multiliterasi inkuiri terhadap kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar. Pelaksanaan penelitian dilatarbelakangi hasil studi PISA 2015 yang menunjukkan peringkat Indonesia masih berada di bawah rata-rata negara OECD. Penelitian ini bertujuan un...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Gandari, Reka Gandari (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-20.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32988/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02694 am a22003253u 4500
001 repoupi_32988
042 |a dc 
100 1 0 |a Gandari, Reka Gandari  |e author 
245 0 0 |a PEMBELAJARAN MULTILITERASI INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR : Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung 
260 |c 2018-08-20. 
500 |a http://repository.upi.edu/32988/1/S_PGSD_1406953_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32988/3/S_PGSD_1406953_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32988/2/S_PGSD_1406953_Tabel_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32988/4/S_PGSD_1406953_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32988/5/S_PGSD_1406953_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32988/6/S_PGSD_1406953_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32988/7/S_PGSD_1406953_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32988/8/S_PGSD_1406953_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32988/9/S_PGSD_1406953_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32988/10/S_PGSD_1406953_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini mengkaji pengaruh model pembelajaran multiliterasi inkuiri terhadap kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar. Pelaksanaan penelitian dilatarbelakangi hasil studi PISA 2015 yang menunjukkan peringkat Indonesia masih berada di bawah rata-rata negara OECD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi sains siswa SDN A sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran model multiliterasi inkuiri dan SDN B sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional pada materi suhu dan kalor. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas 5 sekolah dasar berjumlah 53 siswa. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain (the matching) pretest-posttest. Instrumen penelitian menggunakan soal tes dengan pilihan ganda dan soal non tes berbentuk angket. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan kemampuan literasi sains siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan selisih rata-rata sebesar 8,79. Berdasarkan hasil penelitian, model multiliterasi inkuiri dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/32988/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/32988/