PENGARUH MODEL KELOMPOK INVESTIGASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Cerpen merupakan salah satu materi pembelajaran yang diajarkan di SD. Banyak manfaat yang dihasilkan melalui membaca cerpen, tetapi siswa belum memerolehnya dengan maksimal karena pemahaman baca mereka masih rendah. Oleh karena itu, guru harus membimbing siswa melalui pembelajaran menganalisis unsur...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rozak, Dinda Luthfiana (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-09-06.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3321/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Cerpen merupakan salah satu materi pembelajaran yang diajarkan di SD. Banyak manfaat yang dihasilkan melalui membaca cerpen, tetapi siswa belum memerolehnya dengan maksimal karena pemahaman baca mereka masih rendah. Oleh karena itu, guru harus membimbing siswa melalui pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerpen menggunakan model kelompok investigasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kelompok investigasi terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa di SDN Sadagori 1 Cirebon dan sampelnya adalah kelas VA dan VB. Kelas VA sebagai kelas ekperimen yang mendapat pembelajaran menggunakan model kelompok investigasi dan kelas VB sebagai kelas kontrol mendapat pembelajaran dengan menggunakan model jigsaw. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan melalui uji perbedaan rata-rata dengan taraf siginifikan α = 0,05. Berdasarkan olahan data diperoleh temuan, bahwa model kelompok investigasi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik pada siswa kelas V SD. Kesimpulannya adalah model kelompok investigasi memberi makna positif terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik pada siswa kelas V SDN Sadagori 1 Cirebon--- Short story is one of learning material taught in elementary schools. Reading a short story has many benefits. However, they cannot be obtained when students' reading comprehension is is low. For that reason, teachers need to guide students through intrinsic structure analysis learning by implementing group investigation model. This research is amined at findin out the influence of group investigation model towards class V students' ability in analyzing short story's intrinsic structure. This reseach utilizes a quasi experimental design. The population is all students at SDN Sadagori 1 Cirebon. The samples are students at classes VA and VB. Group investigation model was implemented in experiment class (VA) and jigsaw technique was implemented in control class (VB). The data is analze by using quantitative mothod through mean comparison with level of significance α = 0,05. The result shows group investigation model has a significant influence toward class V students' ability in analyzing intrinsic structure. In conclusion, group investigation has positive influence towards students' ability in analying intrinsic structure.
Item Description:http://repository.upi.edu/33021/1/T_PD_1502270_Title.pdf
http://repository.upi.edu/33021/2/T_PD_1502270_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/33021/3/T_PD_1502270_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/33021/4/T_PD_1502270_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/33021/5/T_PD_1502270_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/33021/6/T_PD_1502270_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/33021/7/T_PD_1502270_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/33021/8/T_PD_1502270_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/33021/9/T_PD_1502270_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/33021/10/T_PD_1502270_Appendix.pdf