KONTRIBUSI KONTROL DIRI TERHADAP PEMBUATAN KEPUTUSAN KARIER : Studi Deskriptif Pada Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 12 Bandung Tahun Ajaran 2015/2016

Penelitian dilatarbelakangi oleh asumsi yang menyatakan bahwa faktor yang dianggap menyebabkan kesulitan dalam membuat keputusan karier salah satunya adalah pemikiran yang psimis yakni kontrol diri pada saat membuat keputusan. Secara umum penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui kontr...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rahmawati, Egha (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3361/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian dilatarbelakangi oleh asumsi yang menyatakan bahwa faktor yang dianggap menyebabkan kesulitan dalam membuat keputusan karier salah satunya adalah pemikiran yang psimis yakni kontrol diri pada saat membuat keputusan. Secara umum penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui kontribusi kontrol diri terhadap pembuatan keputusan karier peserta didik kelas XII. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan studi deskriptif, dan desain korelasional. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 12 Bandung dengan sampel penelitian yang ditetapkan sebanyak 293 peserta didik kelas XII Tahun Ajaran 2015/2016 yang ditentukan menggunakan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukan secara empirik bahwa terdapat kontribusi positif dan signifikan antara kontrol diri terhadap pembuatan keputusan karier. Meningkat atau menurunnya kemampuan pembuatan keputusan karier peserta didik kelas XII SMA Negeri 12 Bandung Tahun Ajaran 2015/2016 salah satunya dipengaruhi oleh kontrol diri. Individu dengan kontrol diri yang tinggi cenderung percaya bahwa pilihan karier berada ditangan mereka sendiri dan keberhasilan pendidikan maupun kerja merupakan hasil dari usaha dan kemampuan mereka sendiri. Implikasi penelitian berupa rancangan layanan dasar bimbingan dan konseling untuk memfasilitasi peserta didik dalam meningkatkan kemampuan pembuatan keputusan karier -------- This research is based on an assumption that one of the reasons of the difficulty in career decision-making is pessimistic thought i.e. self-control. This research aimed to investigate self-control contribution towards the career decision-making of 12th grade students. This researcher uses quantitative approach by applying a descriptive study and co-relational design. The study was conducted in SMAN 12 Bandung by involving 293 students of 12th grade which was selected through technique of bored sampling. The result of this research empirically shows that there is positive and significant contribution between self control and career decision-making. Either the increase or decrease of students' ability in career decision-making is due to self-control. An individual whose high self-control tends to assume that career decision depends on themselves and the success in education or work is the result of their effort and ability. The implication of the research is the establishment of basic service design of guidance and counseling to facilitate students in increasing the ability of career decision-making.
Item Description:http://repository.upi.edu/33061/1/S_PPB_1100112_Title.pdf
http://repository.upi.edu/33061/2/S_PPB_1100112_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/33061/3/S_PPB_1100112_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/33061/4/S_PPB_1100112_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/33061/5/S_PPB_1100112_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/33061/6/S_PPB_1100112_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/33061/7/S_PPB_1100112_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/33061/8/S_PPB_1100112_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/33061/9/S_PPB_1100112_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/33061/10/S_PPB_1100112_Appendix2.pdf