IMPLEMENTASI SOFTWARE PROTEUS PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM DASAR TEKNIK ELEKTRO

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan implementasi software proteus sebagai pada mata kuliah praktikum dasar teknik elektro di Departemen Pendidikan Teknik Elektro FPTK UPI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dimana prosedur penelitian yang dilaku...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Santoso, Dwi Riyan (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33171/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan implementasi software proteus sebagai pada mata kuliah praktikum dasar teknik elektro di Departemen Pendidikan Teknik Elektro FPTK UPI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dimana prosedur penelitian yang dilakukan akan menghasilkan data-data deskriptif dari perilaku yang diamati yaitu berupa aktifitas mahasiswa meliputi ranah kognitif. Psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa software proteus dapat digunakan alat bantu dalam kegiatan pembelajaran pada Praktikum Dasar Teknik Elektro tetapi tidak dapat menggantikan kegiatan praktikum keseluruhan karena kegiatan praktikum memiliki banyak aspek psikomotorik yang harus diterapkan sehingga dapat meningkatkan keahlian yang dimiliki. Dengan menggunakan software proteus responden lebih memahami praktek yang akan dilakukan sehingga saat kegiaatan praktikum responden dapat dengan mudah mengerjakan tugas yang diberikan dan meminimalisir kesalahan dalam praktek serta meminimalisir kerusakan pada alat yang digunakan.;---This study aims to determine the implementation of the implementation of proteus software as the basic electrical engineering practice course in the Department of Electrical Engineering Electrical Engineering FPTK UPI. The method used in this study is a qualitative method in which the research procedure performed will produce descriptive data of observed behavior that is in the form of student activities covering the cognitive domain. Psychomotor. The results show that the proteus software can be used aids in learning activities on Basic Practicum of Electrical Engineering but can not replace the whole lab activities because practicum activities have many psychomotor aspects that must be applied so as to improve the skills possessed. By using proteus software respondents better understand the practice to be done so that when kedayaatan practicum respondents can easily do the task given and minimize errors in practice and minimize damage to the tools used.
Item Description:http://repository.upi.edu/33171/1/S_TE_1100600_TItle.pdf
http://repository.upi.edu/33171/2/S_TE_1100600_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/33171/3/S_TE_1100600_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/33171/4/S_TE_1100600_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/33171/5/S_TE_1100600_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/33171/6/S_TE_1100600_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/33171/7/S_TE_1100600_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/33171/8/S_TE_1100600_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/33171/9/S_TE_1100600_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/33171/10/S_TE_1100600_Appendix.pdf