EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN SMART (STORIES METHOD AND RECALL TRAINING) TERHADAP PENINGKATAN MEMORI KERJA ANAK FASE SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas strategi pembelajaran SMART (Stories Method and Recall Training) terhadap peningkatan memori kerja anak fase sekolah dasar kelas rendah. Strategi ini dirancang agar anak dapat menggunakan memori lebih efisien melalui latihan penyandian (stories) dan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Lestari, Triana (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33182/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03096 am a22003013u 4500
001 repoupi_33182
042 |a dc 
100 1 0 |a Lestari, Triana  |e author 
245 0 0 |a EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN SMART (STORIES METHOD AND RECALL TRAINING) TERHADAP PENINGKATAN MEMORI KERJA ANAK FASE SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH 
260 |c 2017-01-31. 
500 |a http://repository.upi.edu/33182/1/T_PP_1402174_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33182/2/T_PP_1402174_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33182/3/T_PP_1402174_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33182/4/T_PP_1402174_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33182/5/T_PP_1402174_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33182/6/T_PP_1402174_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33182/7/T_PP_1402174_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33182/8/T_PP_1402174_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33182/9/T_PP_1402174_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas strategi pembelajaran SMART (Stories Method and Recall Training) terhadap peningkatan memori kerja anak fase sekolah dasar kelas rendah. Strategi ini dirancang agar anak dapat menggunakan memori lebih efisien melalui latihan penyandian (stories) dan perolehan kembali informasi (recalling) dalam satu rangkaian proses kognisi. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design, dengan menggunakan sekelompok subjek anak usia sekolah dasar kelas rendah rentang usia 7-9 tahun sejumlah 15 orang. Pengukuran respon subjek menggunakan insrumen memori kerja yang dikembangkan sendiri oleh peneliti, yang dilakukan sebanyak lima kali dengan tiga kali pemberian intervensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kapasitas memori kerja meningkat seiiring dengan bertambahnya usia, dan pelatihan strategi pembelajaran SMART (Stories Method and Recall Training) efektif meningkatkan memori kerja anak.;---This research aimed to examine the effectiveness of teaching strategy of SMART (Stories Method and Recall Training) in improving elementary children's working memory. This strategy is designed to enable children to use their working memory efficiently through encoding (stories) and information retrieval training (recalling) in one series of cognition process. The research design applied is one group pretest-posttest design, using a group of subject of 15 elementary students at 7-9 years of age. The researcher used working memory instrument as the measurement of subject response which is developed by the researcher herself with five times of measurement and three times of treatments. The findings show that working memory capacity increases along as they age, and the SMART method improve children's memory significantly. 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/33182/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/33182/