PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA STANDAR KOMPETENSI SISTEM REM MATERI REM CAKRAM TERHADAP AKTIVITAS, INTERAKSI, DAN HASIL BELAJAR SISWA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas, interaksi, dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada standar kompetensi sistem rem materi rem cakram. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK Doa Bangsa Palabuhan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Zahra, Nurbaiti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3328/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04658 am a22003013u 4500
001 repoupi_33208
042 |a dc 
100 1 0 |a Zahra, Nurbaiti  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA STANDAR KOMPETENSI SISTEM REM MATERI REM CAKRAM TERHADAP AKTIVITAS, INTERAKSI, DAN HASIL BELAJAR SISWA 
260 |c 2017-01-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/33208/1/S_TM_1101835_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33208/2/S_TM_1101835_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33208/3/S_TM_1101835_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33208/4/S_TM_1101835_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33208/5/S_TM_1101835_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33208/6/S_TM_1101835_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33208/7/S_TM_1101835_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33208/8/S_TM_1101835_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33208/9/S_TM_1101835_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33208/10/S_TM_1101835_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas, interaksi, dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada standar kompetensi sistem rem materi rem cakram. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK Doa Bangsa Palabuhanratu menggunakan metode eksperimen jenis quasi eksperimen nonequivalent control group design pre-test pos-test. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Sepeda Motor, dimana kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan kelas kontrol menggunakan metode diskusi. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan adanya pengaruh peningkatan aktivitas belajar siswa pada kategori tinggi dan interaksi belajar siswa pada kategori sedang.Hasil penelitian untuk aspek kognitif menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dikonversi menjadi N-Gain kelas eksperimen yaitu 0.71 pada kriteria tinggi dan N-Gain kelas kontrol 0.47 pada kriteria sedang. Aspek psikomotor pada kelas eksperimen dianalisis dengan menggunakan IPK mendapatkan nilai 82.17 pada interpretasi terampil dan kelas kontrol mendapatkan nilai 71.5 pada interpretasi cukup terampil . Aspek afektif pada kelas eksperimen dianalisis dengan menggunakan IPK mendapatkan nilai 77.17 pada interpretasi positif dan kelas kontrol mendapatkan nilai 62.5 pada interpretasi netral. Secara keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan terdapat peningkatan aktivitas, interaksi, dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada standar kompetensi sistem rem materi rem cakram ------- This study aims to determine the effect of activities, interactions, and student learning outcomes using cooperative learning model Student Teams Achievement Division (STAD) the standard of competence brake system brake disc material. This research was conducted at the National Prayer vocational students Palabuhanratu using experimental method nonequivalent types of quasi-experimental control group design pre-test post-test. The sample in this study is a class XI student competency skills Motorcycle Engineering, where the class experiments using cooperative learning model STAD, and grade control using the method of discussion. Results of research on the experimental class showed the influence of increased activity of students in the high category and interaction of students in a category sedang. Result of research on cognitive aspects showed an increase in student learning outcomes are converted into N-Gain experiment class 0.71 at high criteria and N-Gain control class 0.47 on the criteria of being. Psychomotor aspects of the experimental class were analyzed using GPA scored 82.17 on skilled interpretation and grade control scores 71.5 on the interpretation skilled enough. Affective aspects of the experimental class were analyzed using GPA scored 77.17 on the interpretation of the positive and the control class scored 62.5 on neutral interpretation. Overall this study it can be concluded there is increased activity, interaction, and learning outcomes of students using cooperative learning model STAD on the competency standard brake system brake disc material 
546 |a en 
690 |a TJ Mechanical engineering and machinery 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/33208/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3328/