IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN SEJARAH : studi naturalistik inquiry di SMA darul hikam bandung

Penelitian tentang pendidikan karakter merupakan bahasan yang senantiasa relevan di setiap zaman dalam dunia pendidikan. Apalagi dalam konteks Islam, pendidikan karakter atau akhlak yang baik, dikualifikasikan sebagai inti agama Islam. Hal ini juga yang menjadi perhatian SMA Darul Hikam melalui Taqw...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Alsyahdian, Moh. Zulham (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-11-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33211/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian tentang pendidikan karakter merupakan bahasan yang senantiasa relevan di setiap zaman dalam dunia pendidikan. Apalagi dalam konteks Islam, pendidikan karakter atau akhlak yang baik, dikualifikasikan sebagai inti agama Islam. Hal ini juga yang menjadi perhatian SMA Darul Hikam melalui Taqwa Character Building (TCB). TCB dirancang sebagai pendidikan nilai bagi para siswa yang diintegrasikan ke dalam seluruh aktifitas siswa (intrakurikuler, kokurikuler maupun ekstrakurikuler). Berangkat dari kasus di atas, penelitian ini mencoba untuk melihat bagaimanakah pendidikan karakter TCB tersebut diimplementasikan dalam pembelajaran Sejarah Indonesia. Untuk mengungkap permasalahan di atas peneliti, menggunakan pendekatan Kualitatif, dengan metode penelitian Naturalistik Inquiry. Naturalistik Inquiry digunakan sebagai metode untuk memotret obyek penelitian (implementasi pendidikan karakter TCB) dalam pembelajaran Sejarah Indonesia. Karena Naturalistik Inquiry setting-nya bersifat alamiah, tentunya akan lebih komprehensif untuk melihat fakta sesungguhnya di lapangan. Adapun lokasi penelitian di SMA Darul Hikam Bandung, dengan subyek penelitian seluruh siswa-siswi di kelas XI dan XII, pada tahun ajaran 2016/2017 dan 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi/gabungan. Berdasarkan hasil penelitian, secara konseptual pendidikan karakter TCB sudah diintegrasikan dalam perangkat pembelajaran Sejarah Indonesia berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hanya saja dalam implementasinya, pendidikan karakter TCB dalam pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA Darul Hikam masih belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari pola perilaku yang ditampilkan para siswa, yang masih jauh dari nilai-nilai ideal TCB. Untuk itu perlu upaya yang lebih intensif dalam rangka memaksimalkan pendidikan karakter TCB bagi para siswa, dalam rangka menghasilkan output yang Berakhlak dan Berprestasi, sebagaimana tagline sekolah.;---Research on character education is always a relevant subject in every age of the world of education. Especially in the context of Islam, character education or good character is qualified as the core of Islam. That matter also becomes the concentration of SMA Darul Hikam through Taqwa Character Building (TCB). TCB is designed as a value education for students who are integrated into all student activities (intracurricular, co curricular and extracurricular). Departing from the above case, this research tries to see how the TCB character education is implemented in learning history of Indonesia. To reveal the above problems, researchers using a qualitative approach with Naturalistic Inquiry research method. Naturalistic Inquiry is used as a method to portray the object of research (implementation of character education TCB) in learning History of Indonesia. Because of the Naturalistic Inquiry setting is natural, certainly it will be more comprehensive to see the real fact in the field. The location of research is at SMA Darul Hikam Bandung, with research subjects are all students in class XI and XII, in the academic year 2016/2017 and 2017/2018. Data collection techniques used are observation, interview, documentation and triangulation / composite. Based on the result of research, conceptually TCB character education has been integrated in learning tools of History of Indonesia in the form of lesson plan Plan (RPP). However, in its implementation, TCB character education in learning History of Indonesia in SMA Darul Hikam is not yet maximally conducted . This can be seen from the behavior patterns displayed by the students, who are still far from the ideal values of TCB. For that reason, we need more intensive efforts in order to maximize the education of TCB characters for students, to produce the output who have moral and achievement, as the school's tagline.
Item Description:http://repository.upi.edu/33211/1/T_SEJ_1503376_Title.pdf
http://repository.upi.edu/33211/2/T_SEJ_1503376_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/33211/3/T_SEJ_1503376_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/33211/4/T_SEJ_1503376_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/33211/5/T_SEJ_1503376_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/33211/6/T_SEJ_1503376_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/33211/7/T_SEJ_1503376_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/33211/8/T_SEJ_1503376_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/33211/9/T_SEJ_1503376_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/33211/10/T_SEJ_1503376_Appendix.pdf