EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TALKING BOOK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DISABILITAS NETRA : kuasi eksperimen pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas X di SLB negeri a kota bandung

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keinginan membaca pada siswa disabilitas netra yang berdampak pada menurunya nilai mata pelajaran khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran digital talking book berpengaruh...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Putera, Azhar Ma'rarif Chaerul (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33231/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keinginan membaca pada siswa disabilitas netra yang berdampak pada menurunya nilai mata pelajaran khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran digital talking book berpengaruh pada hasil peningkatan belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia ranah kognitif aspek memahami, aspek menerapkan dan aspek menganalisis. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penggunaan media pembelajaran efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa disabilitas netra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Time Series. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam instrumen penelitian berupa tes objektif pilihan berganda. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media pembelajaran digital talking book berpengaruh pada peningkatan hasil belajar ranah kognitif. 1. Penggunaan media pembelajaran digital talking book efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif pada aspek memahami di SLB Negeri A Kota Bandung 2. Penggunaan media pembelajaran digital talking book efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif pada aspek menerapkan di SLB Negeri A Kota Bandung 3. Penggunaan media pembelajaran digital talking book efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif pada aspek menganalisis di SLB Negeri A Kota Bandung. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran digital talking book berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa disabilitas netra di SLB Negeri A Kota Bandung.;--- This study is based on the lack of reading desire in blind disabilities students that impact on the decline of the value of subjects, especially Indonesian subjects. This study aims to determine whether the use of learning media digital talking book influence on student learning outcomes in the subjects of Indonesian language cognitive aspects, aspects of understanding, aspects of applying and aspects of analyzing. The formulation of the problem in this study is whether the use of effective learning media in improving student learning outcomes with blind disability. The method used in this research is quasi-experimental method with Time Series research design. Data collection techniques used in this research instruments are using multiple choice test objectives. Based on the results of the study, the use of learning media digital talking book has an effect on the improvement of cognitive domain learning outcomes. 1. Use of learning media digital talking book effective in improving student learning outcomes in the cognitive aspects of understanding in SLB Negeri A Bandung 2. Use of learning media digital talking book effective in improving student learning outcomes in the aspect of cognitive applying in SLB Negeri A Bandung 3. Use of learning media digital talking book effective in improving student learning outcomes in the aspects of cognitive analyzing in SLB Negeri A Bandung. It can be concluded that the use of learning media of digital talking book have an effect on increasing student learning result of neutral disability in SLB Negeri A Kota Bandung.
Item Description:http://repository.upi.edu/33231/1/S_KTP_1105173_Title.pdf
http://repository.upi.edu/33231/2/S_KTP_1105173_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/33231/3/S_KTP_1105173_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/33231/4/S_KTP_1105173_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/33231/5/S_KTP_1105173_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/33231/6/S_KTP_1105173_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/33231/7/S_KTP_1105173_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/33231/8/S_KTP_1105173_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/33231/9/S_KTP_1105173_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/33231/10/S_KTP_1105173_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/33231/11/S_KTP_1105173_Appendix2.pdf