STUDI RELEVANSI NILAI PETA KONSEP SISWA DENGAN NILAI TES BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan Peta Konsep (PK) sebagai alat evaluasi dan asessmen untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa setelah melaksanakan pembelajaran sistem ekskresi. Peta konsep merupakan perangkat dalam pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk b...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hadayanti, Audya Nurfadillah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33233/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05448 am a22003373u 4500
001 repoupi_33233
042 |a dc 
100 1 0 |a Hadayanti, Audya Nurfadillah  |e author 
245 0 0 |a STUDI RELEVANSI NILAI PETA KONSEP SISWA DENGAN NILAI TES BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI 
260 |c 2017-10-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/33233/1/S_BIO_1301282_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33233/2/S_BIO_1301282_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33233/3/S_BIO_1301282_Table_Of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33233/4/S_BIO_1301282_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33233/5/S_BIO_1301282_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33233/6/S_BIO_1301282_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33233/7/S_BIO_1301282_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33233/8/S_BIO_1301282_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33233/9/S_BIO_1301282_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33233/10/S_BIO_1301282_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33233/11/S_BIO_1301282_Appendix2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33233/12/S_BIO_1301282_Appendix3.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan Peta Konsep (PK) sebagai alat evaluasi dan asessmen untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa setelah melaksanakan pembelajaran sistem ekskresi. Peta konsep merupakan perangkat dalam pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk berpikir karena dalam proses pembuatannya siswa menuangkan interpretasi konsep yang dipelajari olehnya dengan membuat keterkaitan antar satu konsep dengan konsep lainnya melalui kata penghubung yang sahih. Peta konsep kerap dijadikan sebagai alat untuk mengases pemahaman siswa dan belum banyak diaplikasikan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 11 MIPA disalah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kab.Bandung Barat dengan menggunakan metode Basic reseach dengan teknik pengambilan sample secara purposive sampling. Data diperoleh melalui instrumen tes dan kerangka PK siswa yang diisi berdasarkan analisis dan interpretasi suatu wacana berisi bahasan konsep sistem ekskresi Hasil penelitian menunjukan bahwa niai PK dapat menjadi alas asesmen untuk memunculkan dan mengembangkan kemampuan BK siswa dibuktikan dengan prosentase relevansi nilai PK dan nilai tes kemapuan berpikir kritis yang tinggi khususnya pada kelompok siswa unggul dan kelompok asor (dengan prosentase relevansi sebesar 75%). Hal tersebut diperkuat dengan uji korelasi yang menyatakan bahwa nilai peta konsep dan nilai tes berkorelasi positif dan termasuk ke dalam kategori kuat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa PK mampu menjadi perangkat pembelajaran yang tiadak hanya dapat digunakan untuk mengases pemahaman siswa, miskonsepsi siswa serta perubahan konseptual siswa akan tetapi PK juga dapat menjadi alat untuk mengembangkan kemampuan BK pada siswa. Adapun komponen dalam PK yang mendukung peta konsep dalam mengembangkan kemampuan BK diantaranya proposisi, kaitan silang dan konsep.;---This study aimed to investigate the use of 'Concept Maps' (Peta Konsep/PK/CM) in developing students' critical thinking (Berpikir kritis/ BK/CT) ability after learning the Excretory System. 'Concept Maps' is one of the learning tools which can stimulate students to think, as in its application of making concept maps the students are allowed to write the interpretation of the concept being studied by building correlation between one concept with another by using appropriate conjunction. 'Concept Maps' is frequently used as a tool to evaluate students' comprehension; it has not been used widely to developve students' critical thinking ability. This study was conducted in one of senior high schools in West Bandung Regency, specifically it was done to eleventh grade students of MIPA. This study employed quantitative descriptive design which included 'basic research' with 'purposive sampling' as the sampling technique. The data was gathered through test instrument and the framework of students' concept maps filled based on the analysis and interpretation of a discourse which contained the study of excretory system concept. The result of the study showed that 'concept maps' was effective and can be used as a tool to asses and developed students' critical thinking ability proven by the relevance percentage of CM's value and high value of CT ability's test especially in superior and bottom group of students (the relevance was 75%). This was strengthened by the correlation test which mentioned that the value of the concept maps and the test had positive correlation and was concluded into strong category. Based on the result of the study, it can be concluded that "CM" can be used as a learning tool which does not only measure students' comprehension, misconception and conceptual change but also measure and develope students' 'CT' ability. In addition, there are three components of concept maps which help CM in developing 'CT': proposition, cross link and concept. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QH301 Biology 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/33233/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/33233/