MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISINDIRAN : Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII H SMPN 5 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis sisindiran. Persoalan yang dirasakan oleh siswa dalam menulis sisindiran adalah kurangnya pengetahuan siswa pada kosa kata bahasa Sunda, kurangnya kemampuan siswa dalam mengembangkan ide dan gagasannya, serta k...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Septiani, Rani Fahmi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33363/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04278 am a22003133u 4500
001 repoupi_33363
042 |a dc 
100 1 0 |a Septiani, Rani Fahmi  |e author 
245 0 0 |a MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISINDIRAN : Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII H SMPN 5 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017 
260 |c 2017-06-21. 
500 |a http://repository.upi.edu/33363/1/S_BD_1301243_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33363/2/S_BD_1301243_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33363/3/S_BD_1301243_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33363/4/S_BD_1301243_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33363/5/S_BD_1301243_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33363/6/S_BD_1301243_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33363/7/S_BD_1301243_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33363/8/S_BD_1301243_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33363/9/S_BD_1301243_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33363/10/S_BD_1301243_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis sisindiran. Persoalan yang dirasakan oleh siswa dalam menulis sisindiran adalah kurangnya pengetahuan siswa pada kosa kata bahasa Sunda, kurangnya kemampuan siswa dalam mengembangkan ide dan gagasannya, serta kurang efektifnya suasana belajar di kelas. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis sisindiran siswa kelas VIII H SMPN 5 Bandung sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Round Table. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kuasi eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest and posttest. Adapun, teknik mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes unjuk kerja yang terdiri dari kegiatan pretest dan posttest. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas VIII H SMPN 5 Bandung tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kemampuan menulis sisindiran siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Round Table 66,5 dari KKM 75, setelah menggunakan model pembelajaran Round Table meningkat menjadi 84,5. Rata-rata perbedaan nilai pretest dan posttest 18. Hasil dari uji hipotesis, diketahui t_itung (11,43) > 〖 t〗_tabel (2,44). Artinya, hipotesis alternatif dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Round Table mampu meningkatan kemampuan menulis sisindiran siswa kelas VIII H SMPN 5 Bandung tahun ajaran 2016/2017 diterima, dengan menggunakan tarif kepercayaan 99%. -------- This research is based on the lack of students's ability in writing sisindiran. The problem faced by the students in writing sisindiran is the lack of knowledge about the vocabulary of Sundanese, students usually felt really difficult to find an idea and convert it to the form of written language, and the atmosphere of learning in the classroom is less effective. The purpose of this research was to describe the students's ablity in writing sisindiran before and after using Round Table learning model. This research uses a Quasi Eksperimental Research method and one-group pretest and posttest design. The Techniques used in order to collect the data is skill tests of the students which include pretest and posttest. The source data of this research is students of class VIII H SMPN 5 Bandung the academic year 2016/2017 which amounted 35 students. Based on the research, the average of students writing skills before using the Round Table learning model is 66,5 of KKM 75, after using the Round Table learning model the average increased to 84,5. Results of hypothesist test is t_itung (11,43) > 〖 t〗_tabel (2,44). Which means the hypothesist in this research that the Round Table learning model can improve the ability of students of class VIII H SMPN 5 Bandung the academic year 2016/2017 in writing sisindiran accepted, with 99% trust rate 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a P Philology. Linguistics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/33363/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/33363/