EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA DINI : penelitian pre-eksperimen pada kelompok b di taman kanak-kanak negeri centeh bandung tahun ajaran 2016 - 2017

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri serta terbatasnya media pembelajaran dalam mengenalkan bentuk geometri yang presentatif pada anak. Salah satu solusi alternatif yang dapat dilakukan dalam mengenalkan bentuk geometri yaitu dengan menggunakan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Lisdayanti, Sintia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-16.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33442/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri serta terbatasnya media pembelajaran dalam mengenalkan bentuk geometri yang presentatif pada anak. Salah satu solusi alternatif yang dapat dilakukan dalam mengenalkan bentuk geometri yaitu dengan menggunakan media pop-up book. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui kondisi awal anak dalam mengenal bentuk geometri sebelum menggunakan media pop-up book. (2) pelaksanaan pengenalan bentuk geometri dengan menggunakan media pop-up book, dan (3) peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri setelah menggunakan media pop-up book. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pre-eksperimen jenis one group pre-test and post-test design,yang bertujuan untuk mengetahui komparasi prestasi dari subjek yang sama. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan, hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata kemampuan anak pada saat pre-test sebesar 33,73 meningkat 42% menjadi 58,30 pada saat post-test. Hasil uji paired sample t test diperoleh nilai p value 0,000 < 0,05, maka Ha penelitian diterima, yaitu media pop-up book dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini, sehingga anak mampu untuk menyebutkan, mengetahui karakteristik, mengelompokkan, dan mengidentifikasi bentuk-bentuk geometri. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu dapat digunakannya media pop-up book sebagai media alternatif dalam mengenalkan bentuk geometri pada anak usia dini. ;---The background of this research based on the lack of ability of early childhood to recognize geometric shapes and limited learning media that used to recognizing geometrical shapes for early childhood. One of alternative solution to recognize geometric shape used a pop-up book media. The purpose of this research is (1) to know capabilities subjective condition in recognizing geometric shapes before using pop-up book media, (2) the implementations of pop-up book media (3) to know increase the capabilities improvement in recognizing geometric shapes after using pop-up book media. The method used in this research is pre-experimental one group pre-test and post-test design which aims to know the comparative achievement of the same subject. The result showed a significant increase, this can been seen from the average score of ability of the child at the pre-test time is 33,73 increased 42% to 58,30 at the pos-test time. Paired sample T test show p value 0,000 < 0,05, therefore Ha accepted, meaning that the conclusion show that pop-up book media is effective to improve the capabilities to recognizing geometric shapes on children, so they can mentioning, knowing the characteristics, grouping, and identifying geometric shapes. The recommendations from this research expected that pop-up book media can been used as alternative media in recognizing geometric shapes for early childhood education.
Item Description:http://repository.upi.edu/33442/1/S_PAUD_1300180_Title.pdf
http://repository.upi.edu/33442/2/S_PAUD_1300180_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/33442/3/S_PAUD_1300180_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/33442/4/S_PAUD_1300180_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/33442/5/S_PAUD_1300180_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/33442/6/S_PAUD_1300180_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/33442/7/S_PAUD_1300180_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/33442/8/S_PAUD_1300180_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/33442/9/S_PAUD_1300180_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/33442/10/S_PAUD_1300180_Appendix.pdf