PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN HISTORICAL COMPREHENSION SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Bandung

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran sehingga mempengaruhi pada kurangnya kemampuan siswa dalam memahami peristiwa kesejarahan dalam pembelajaran sejarah di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Bandung. Tujuan utama dari pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Halfiani Aulia Aurisa, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-12-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33493/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran sehingga mempengaruhi pada kurangnya kemampuan siswa dalam memahami peristiwa kesejarahan dalam pembelajaran sejarah di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Bandung. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan historical comprehension siswa dalam pembelajaran sejarah, karena peristiwa sejarah yang dipahami siswa selama pembelajaran sejarah hanya sebatas pada ranah faktual tanpa memahami bagaimana rangkaian peristiwa sejarah secara utuh. Indikator pencapaian kemampuan historical comprehension siswa yang diukur pada penelitian ini yaitu mengidentifikasi penulis/sumber dokumen atau narasi sejarah dan merekonstruksi arti harfiah dari suatu bagian sejarah. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain model Kemmis dan McTaggart. Desain model Kemmis dan Taggart ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (plan), tindakan (act), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Mengacu pada hasil tindakan siklus penelitian yang telah dilakukan, kemampuan historical comprehension siswa dalam setiap pelaksanaan tindakan siklus mengalami peningkatan berdasarkan indikator yang dikembangkan dalam penelitian ini. Terlihat bahwa kemampuan historical comprehension siswa mengalami peningkatan yang signifikan terutama pada indikator mengidentifkasi penulis/sumber dokumen atau narasi sejarah dan merekonstruksi arti harfiah dari suatu bagian sejarah. Dengan demikian, penggunaan media gambar berseri mampu mengembangkan kemampuan historical comprehension siswa dalam pembelajaran Sejarah dan dapat dijadikan suatu alternatif solusi untuk mengatasi masalah pembelajaran sejarah yang ditemukan di kelas.---Background of the research is the use of instructional media is the less than optimal, this affects the lack of students ability in understanding the historical event in learning history in the class. The research was conducted in Grade XI IPA 3 SMA Negeri 6 Bandung. The main purpose of this research is to develop student's historical comprehension skill in historical learning, because the historical events that students understand during historical learning are limited to the factual sphere without understanding how the whole series of historical event. Indicator of student's historical comprehension skills as measured in this research are identify the author or source of the historical document or narrative and reconstruct the literal meaning of a historical passage. The research method used is the method of classroom action research using Kemmis and McTaggart model design. Kemmis and McTaggart model design consists of to perform four steps namely plan, act, observe, and reflect. Based on the results of the research it can be found the improvement of student's historical comprehension skill based on the indicator of historical comprehension that developed in this research. It can be viewed that student's historical comprehension skill has increased significantly, especially on indicator identify the author or source of the historical document or narrative and reconstruct the literal meaning of a historical passage. Therefore, the use of the series's picture media is able to develop student's historical comprehension skill in historical learning and can be an alternative solution to overcome the problems of historical learning in the classroom.
Item Description:http://repository.upi.edu/33493/1/S_SEJ_1303968_Tittle.pdf
http://repository.upi.edu/33493/2/S_SEJ_1303968_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/33493/3/S_SEJ_1303968_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/33493/4/S_SEJ_1303968_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/33493/5/S_SEJ_1303968_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/33493/6/S_SEJ_1303968_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/33493/7/S_SEJ_1303968_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/33493/8/S_SEJ_1303968_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/33493/9/S_SEJ_1303968_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/33493/10/S_SEJ_1303968_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/33493/11/S_SEJ_1303968_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/33493/12/S_SEJ_1303968_Appendix3.pdf