MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PERMAINAN BOLA VOLI : Studi Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Cimalaka Sumedang

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan media pembelajaran dapat meningkatkan partisipasi siswa untuk pemahaman bola voli pada siswa di SMP Negeri 1 Cimalaka. Penelitian ini dilakukan untuk menyiasati rendahnya partisipasi siswa dalam memahami permainan bola voli serta. Metode peneli...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Bilie Nova Giantoro, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-11-14.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33499/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04623 am a22003373u 4500
001 repoupi_33499
042 |a dc 
100 1 0 |a Bilie Nova Giantoro, -  |e author 
245 0 0 |a MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PERMAINAN BOLA VOLI : Studi Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Cimalaka Sumedang 
260 |c 2017-11-14. 
500 |a http://repository.upi.edu/33499/1/S_JKR_1303862_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33499/2/S_JKR_1303862_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33499/3/S_JKR_1303862_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33499/4/S_JKR_1303862_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33499/5/S_JKR_1303862_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33499/6/S_JKR_1303862_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33499/7/S_JKR_1303862_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33499/8/S_JKR_1303862_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33499/9/S_JKR_1303862_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33499/10/S_JKR_1303862_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33499/11/S_JKR_1303862_Appendix2.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan media pembelajaran dapat meningkatkan partisipasi siswa untuk pemahaman bola voli pada siswa di SMP Negeri 1 Cimalaka. Penelitian ini dilakukan untuk menyiasati rendahnya partisipasi siswa dalam memahami permainan bola voli serta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMPN 1 Cimalaka dengan jumlah 32 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan, ada peningkatan partisipasi dalam bermain bola voli pada siswa dengan menggunakan media pembelajaran. Untuk perolehan skor pada siklus I, partisipasi bertanya memiliki persentase sebesar 53,57%, menjawab pertanyaan 52,38%, menyelesaikan tugas 54,76%, berdiskusi 52,38%, mencatat materi pelajaran sebesar 55,95%, mengerjakan soal 53,57%, menyelesaikan tes secara individu 53,57%, dan menyimpulkan materi pelajaran sebesar 51,19%. Pada tahap tindakan siklus II, persentase tiap aspek mengalami kenaikan menjadi partisipasi bertanya memiliki persentase sebesar 76,19%, menjawab pertanyaan 79,76%, menyelesaikan tugas 82,14%, berdiskusi 80,95%, mencatat materi pelajaran sebesar 77,38%, mengerjakan soal 78,57%, menyelesaikan tes secara individu 77,38%, dan menyimpulkan materi pelajaran sebesar 77,38%. Dari perolehan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pengembangan media dalam pembelajaran bola voli dapat meningkatkan partisipasi belajar di kelas VII-C SMP Negeri Cimalaka.---- This research is done to tackle the low student participation for understanding about vollyball. The research method is classroom action research. The subject on this research is seventh grader in C class of junior high school of 1 cimalaka with 32 students as sample. The result of this research show that there's an increase on student participation in playing vollyball with using media. In pretest, 15 students have achieved standard score with the percentage of classical mastery 46,87%. On the cycle 1, students who have achieved standard score increase to 26 students with the percentage of classical mastery 93,75%, and students who have not achieved standard score is about 2 students with the percentage of classical mastery 6,25% if viewed by standard score in class. so, the result in pretest that achieved by students become 74,50. But, the result of cycle 1 have not achieved researcher's hope who targeted standard score _> 75. On the cycle 2, average score of students is 80,21 and that's mean they've achieved reasearcher's target. Beside of that, if viewed by category research, the result in pretest show that students who achieved good category / very good is about 18 students with the percentage of classical mastery 56,25% after been given action on cycle 1. Every student has an increase in getting score. It's about 28 students with the percentage of classical mastery 87,50%, it's good category / very good. On the cycle 2, students who get good category/very good is about 32 students with the percentage of classical 100%. 
546 |a en 
690 |a GV Recreation Leisure 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/33499/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/33499/