PENGARUH PENGGUNAAN METODE PICTORIAL RIDDLE INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA : Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Musyawarah Lembang Kelas VII Kabupaten Bandung Barat

Shyntia Harti Wahyudin (1006424), "Pengaruh Penggunaan Metode Pictorial Riddle Inquiry terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPA" Masalah pada penelitian ini tentang "Pengaruh penggunaan metode pictorial riddle inquiry terhadap peningkatan kemampuan pemaha...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Shyntia Harti Wahyudin, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-12-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/335/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Shyntia Harti Wahyudin (1006424), "Pengaruh Penggunaan Metode Pictorial Riddle Inquiry terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPA" Masalah pada penelitian ini tentang "Pengaruh penggunaan metode pictorial riddle inquiry terhadap peningkatan kemampuan pemahaman siswa pada MTs Al-Musyawarah Lembang Kabupaten Bandung Barat", tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis perbedaan kemampuan pemahaman antara siswa yang menggunakan metode pictorial riddle inquiry dengan yang menggunakan metode ceramah berbantuan gambar pada mata pelajaran IPA di MTs Al-Musyawarah Lembang Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design, dan populasi pada penelitian ini terdiri dari kelas VII A sampai VII D dengan jumlah populasi 168 orang dan sampel berjumlah 60 orang. Setelah itu, dilakukan penghitungan data uji hipotesis dengan uji t dua sampel bebas (independent sample t test) berbantuan spss statistik 20 untuk selanjutnya dilakukan penarikan simpulan. Disimpulkan secara umum bahwa metode pictorial riddle inquiry meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA di MTs Al-Musyawarah Lembang Kabupaten Bandung Barat. Secara khusus, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : pertama, metode pictorial riddle inquiry dapat meningkatkan kemampuan pemahaman aspek translasi siswa dibandingkan metode ceramah berbantuan gambar. Kedua, metode pictorial riddle inquiry dapat meningkatkan kemampuan pemahaman aspek interpretasi siswa dibandingkan metode ceramah berbantuan gambar. Ketiga, metode pictorial riddle inquiry dapat meningkatkan kemampuan pemahaman aspek ekstrapolasi siswa dibandingkan metode ceramah berbantuan gambar.
Item Description:http://repository.upi.edu/33500/1/S_KTP_1006424_Tittle.pdf
http://repository.upi.edu/33500/2/S_KTP_1006424_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/33500/3/S_KTP_1006424_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/33500/4/S_KTP_1006424_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/33500/5/S_KTP_1006424_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/33500/6/S_KTP_1006424_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/33500/7/S_KTP_1006424_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/33500/8/S_KTP_1006424_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/33500/9/S_KTP_1006424_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/33500/10/S_KTP_1006424_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/33500/11/S_KTP_1006424_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/33500/12/S_KTP_1006424_Appendix3.pdf