PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WIPER DAN WASHER DEPAN PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN DI SMK NEGERI 8 BANDUNG

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah penyampaian materi pembelajaran oleh guru yang banyak menggunakan metode ceramah sehingga kurangnya partisipasi, interaksi, dan penyerapan materi kurang optimal yang mengakibatkan pencapaian hasil belajar peserta didik yang rendah. Tujuan peneliti...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yana Billy Santoso, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-17.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33513/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04104 am a22003013u 4500
001 repoupi_33513
042 |a dc 
100 1 0 |a Yana Billy Santoso, -  |e author 
245 0 0 |a PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WIPER DAN WASHER DEPAN PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN DI SMK NEGERI 8 BANDUNG 
260 |c 2017-10-17. 
500 |a http://repository.upi.edu/33513/1/S_TM_1307135_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33513/2/S_TM_1307135_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33513/3/S_TM_1307135_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33513/4/S_TM_1307135_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33513/5/S_TM_1307135_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33513/6/S_TM_1307135_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33513/7/S_TM_1307135_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33513/8/S_TM_1307135_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33513/9/S_TM_1307135_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33513/10/S_TM_1307135_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah penyampaian materi pembelajaran oleh guru yang banyak menggunakan metode ceramah sehingga kurangnya partisipasi, interaksi, dan penyerapan materi kurang optimal yang mengakibatkan pencapaian hasil belajar peserta didik yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran Simulator Wiper dan Washer Depan pada kompetensi dasar memahami dan memelihara kerusakan ringan pada rangkaian/sistem kelistrikan, pengaman, dan kelengkapan tambahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre-Eksperimental dengan jenis One Group Pretest Posttest. Media pembelajaran yang akan diimplementasikan, RPP, dan soal tes yang telah dibuat dilakukan validasi ahli materi dan media. Dari pengolahan data yang dilakukan pada penelitian ini didapatkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran dilihat dari rata-rata nilai pretest adalah 51 dan masuk kedalam kategori nilai "D" sedangkan rata-rata nilai posttest adalah 81 dan masuk kedalam kategori "B" serta nilai N-Gain sebesar 0,58. Hasil ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan nilai N-Gain termasuk ke dalam kategori "Sedang". Dengan demikian media pembelajaran Simulator Wiper dan Washer Depan yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran dan memiliki pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.---This research is based on the problem of the delivery of learning materials by teachers who use a lot of lecture methods so that the lack of participation, interaction, and absorption of the material is not optimal which resulted in the achievement of low learning outcomes of learners. The purpose of this study is to determine the improvement of learning outcomes of learners by using Front Wiper and Washer learning media on basic competence to understand and maintain minor damage to the circuit / electrical system, safety, and additional equipment. This research used Pre-Experimental research method with One Group Pretest-Posttest type. Learning media to be implemented, RPP, and test questions that have been made validation material experts and media. From the data processing done in this study, it is found that the learning outcomes by using learning media seen from the average pretest value is 51 and entered into the category value "D" while the average posttest value is 81 and entered into the category "B" and the value N-Gain of 0.58. These results indicate an increase in learning outcomes with N-Gain values falling into the "Moderate" category. Thus, wiper and washer learning media are implemented in the learning process and have an effect on improving learners' learning outcomes 
546 |a en 
690 |a TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/33513/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/33513/