IMPLEMENTASI DISCRETE PROBABILITY DISTRIBUTION PADA VIDEO GAMES FISHING SIMULATION MENGGUNAKAN KEACAKAN METODE LINEAR CONGRUENTIAL

Angka acak uniform distribution dibutuhkan pada beberapa algoritma dan implementasi praktis seperti nonce generation, shuffling, dan beberapa implementasi probability pada video games. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari implementasi probability distribution menggunakan k...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Jidni Ilman Mubarak, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-12-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33521/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03803 am a22003133u 4500
001 repoupi_33521
042 |a dc 
100 1 0 |a Jidni Ilman Mubarak, -  |e author 
245 0 0 |a IMPLEMENTASI DISCRETE PROBABILITY DISTRIBUTION PADA VIDEO GAMES FISHING SIMULATION MENGGUNAKAN KEACAKAN METODE LINEAR CONGRUENTIAL 
260 |c 2017-12-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/33521/1/S_KOM_1102083_Tittle.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33521/2/S_KOM_1102083_Table_Of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33521/3/S_KOM_1102083_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33521/4/S_KOM_1102083_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33521/5/S_KOM_1102083_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33521/6/S_KOM_1102083_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33521/7/S_KOM_1102083_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33521/8/S_KOM_1102083_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33521/9/S_KOM_1102083_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33521/10/S_KOM_1102083_Appendix.pdf 
520 |a Angka acak uniform distribution dibutuhkan pada beberapa algoritma dan implementasi praktis seperti nonce generation, shuffling, dan beberapa implementasi probability pada video games. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari implementasi probability distribution menggunakan keacakan metode linear congruential generator (LCG). Penelitian ini ditujukan secara khusus untuk pengembang game yang memerlukan optimasi akurasi dan ketepatan dari probability distribution pada beberapa game mechanic. Dengan melakukan kombinasi antara algoritma LCG, Hull-Dobell Theorem, dan discrete probability distribution maka didapatkanlah sebuah mekanisme yang dapat menghasilkan model probabilitas yang tepat dan akurat. Jenis discrete probability distribution yang diteliti adalah uniform probability distribution dan frequency probability distribution. Sampel data penelitian diambil dari hasil eksperimen yaitu 100.000 record data dari total 265.302 record data yang terkumpul untuk diuji menggunakan sebuah metode pengujian. Hasil pengujian menggunakan Pearson's Chi-Squared Goodness of Fit test antara hasil observasi dengan data model pada tahap desain menghasilkan skor chi-square atau mirip satu sama lain.---Uniform distribution random numbers are required on some algorithms and practical implementations such as nonce generation, shuffling, and some probability implementations in video games. This study aims to determine the process and results of probability distribution implementation using the randomness of linear congruential generator (LCG) method. This research is aimed specifically at game developers who require optimization of accuracy and precision of probability distribution in some game mechanics. By combining the LCG algorithm, Hull-Dobell Theorem, and discrete probability distribution, we find a mechanism that can produce a precise and accurate probability model. The types of discrete probability distribution studied are uniform probability distribution and frequency probability distribution. The sample of research data is taken from the experimental result that is 100.000 record data from total 265.302 record data collected and to be tested using a test method. Test results using Pearson's Chi-Squared Goodness of Fit test between observations and model data at the design stage resulted in a chi-square score or similar to each other. 
546 |a en 
690 |a QA75 Electronic computers. Computer science 
690 |a T Technology (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/33521/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/33521/