EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FOTO HITAM PUTIH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMPN 2 NAGRAK

Pendidikan pada abad 21 menekankan penerapan teknologi dalam proses pembelajaran, sebagai penunjang keberhasilan mencapai tujuan yang diharapkan. Tingkat kemampuan analisis siswa pada beberapa sekolah masih tergolong rendah, salah satunya di SMPN 2 Nagrak berdasarkan hasil studi pendahuluan yang tel...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Taufik Yogaswara, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33571/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05179 am a22003133u 4500
001 repoupi_33571
042 |a dc 
100 1 0 |a Taufik Yogaswara, -  |e author 
245 0 0 |a EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FOTO HITAM PUTIH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMPN 2 NAGRAK 
260 |c 2018-01-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/33571/1/S_KTP_1400716_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33571/2/S_KTP_1400716_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33571/3/S_KTP_1400716_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33571/4/S_KTP_1400716_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33571/5/S_KTP_1400716_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33571/6/S_KTP_1400716_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33571/7/S_KTP_1400716_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33571/8/S_KTP_1400716_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33571/9/S_KTP_1400716_Blibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33571/10/S_KTP_1400716_Appendix.pdf 
520 |a Pendidikan pada abad 21 menekankan penerapan teknologi dalam proses pembelajaran, sebagai penunjang keberhasilan mencapai tujuan yang diharapkan. Tingkat kemampuan analisis siswa pada beberapa sekolah masih tergolong rendah, salah satunya di SMPN 2 Nagrak berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilaksanakan. Untuk itu penelitian dilaksanakan untuk menjawab permasalahan berkaitan dengan penggunaan media foto hitam putih terhadap perbedaan peningkatan kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMPN 2 Nagrak. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan analisis antara siswa yang menggunakan media foto hitam putih dengan media power point ilihat dari aspek membedakan, mengorganisasikan dan mengatribusikan. Melihat foto hitam putih menimbulkan kesan yang berbeda, yaitu lebih eksotis, mistis, religis, dramatis, dan memberikan pernyataan yang lebih bermakna dan mendalam pada sebuah kejadian. Oleh karena itu, penggunaan media foto hitam putih ini dijadikan sebagai variabel bebas yang diteliti. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa uraian tertulis. Kemudian berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian umum melalui uji independent sample t-test, secara umum dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan analisis siswa antara yang menggunakan media foto hitam putih dengan yang menggunakan media power point. Tingkat kemampuan analisis siswa yang menggunakan media foto hitam putih lebih tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media foto hitam putih dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa secara signifikan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas VIII di SMPN 2 Nagrak.---Education in the 21st century emphasizes the application of technology in the learning process, as a supporter of success to achieve the expected goals. The level of students' analysis ability in some schools is still low, one of them is in SMPN 2 Nagrak based on the preliminary study that has been conducted. For that research was conducted to answer the problems related to the use of black and white photo media to the difference in the improvement of students' analytical skills in the subjects of Social Sciences at SMPN 2 Nagrak. Thus, this study aims to describe and analyze differences in the ability to increase the ability of students using black and white photo media with media power point from the aspect of distinguishing, organizing and attributing. Viewing black and white photographs gives a different impression, which is more exotic, mystical, religious, dramatic, and gives more meaningful and profound statements on an event. Therefore, the use of black and white photo media is used as the independent variable under study. In this study the approach used is a quantitative approach, the method used is a quasi experimental design with nonequivalent control group design. Technique of collecting data using test in the form of written description. Then based on the result of hypothesis test of general research through independent sample test t-test, generally it can be concluded that there is difference of improvement of ability analysis of student between using black photo media of white with which use media of power point. The level of analytical skills of students using black and white photo media is higher. Thus it can be concluded that the use of black and white photo media can improve the ability of students' analysis significantly in Social Science learning in class VIII in SMPN 2 Nagrak. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/33571/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/33571/