PENGGUNAAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA JEPANG

Pada pembelajaran bahasa, terdapat empat aspek keterampilan yang perlu dikuasai. Salah satu aspek tersebut adalah keterampilan membaca pemahaman atau biasa disebut dengan dokkai. Untuk mendukung pembelajaran membaca pemahaman tersebut, diperlukan suatu alternatif metode pembelajaran yang menarik, me...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Azila Dinda Amalia, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33577/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04924 am a22003133u 4500
001 repoupi_33577
042 |a dc 
100 1 0 |a Azila Dinda Amalia, -  |e author 
245 0 0 |a PENGGUNAAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA JEPANG 
260 |c 2018-01-24. 
500 |a http://repository.upi.edu/33577/1/S_JEP_1400104_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33577/2/S_JEP_1400104_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33577/3/S_JEP_1400104_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33577/4/S_JEP_1400104_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33577/5/S_JEP_1400104_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33577/6/S_JEP_1400104_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33577/7/S_JEP_1400104_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33577/8/S_JEP_1400104_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33577/9/S_JEP_1400104_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33577/10/S_JEP_1400104_Appendix.pdf 
520 |a Pada pembelajaran bahasa, terdapat empat aspek keterampilan yang perlu dikuasai. Salah satu aspek tersebut adalah keterampilan membaca pemahaman atau biasa disebut dengan dokkai. Untuk mendukung pembelajaran membaca pemahaman tersebut, diperlukan suatu alternatif metode pembelajaran yang menarik, menyenangkan serta efektif. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan salah satu metode pembelajaran yakni metode Cooperative Integrated Reading and Composition atau biasa disebut CIRC. Metode tersebut merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif yang menggabungkan keterampilan membaca dan menulis. Selain itu, melalui metode tersebut, pembelajar tidak hanya dilatih untuk bekerja sama, namun mereka juga belajar untuk memberikan pendapat secara bebas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penggunaan metode tersebut dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bahasa Jepang. Metode yang digunakan adalah eksperimen murni dengan menggunakan instrumen berupa tes dan angket. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa tingkat II di Departemen Pendidikan Bahasa Jepang di Universitas Pendidikan Indonesia. Sampel pada penelitian ini adalah 10 orang sebagai kelas eksperimen dan 10 orang sebagai kelas kontrol. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa nilai thitung lebih tinggi dibandingkan dengan nilai ttabel, maka hipotesis kerja (Hk) dalam penelitian diterima, dan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bahasa Jepang. Hal ini juga diperkuat dengan hasil analisis angket yang menunjukkan bahwa lebih dari setengah total responden menyatakan setuju bahwa dengan menggunakan metode CIRC dapat meningkatkan pemahaman terhadap wacana dalam bahasa Jepang dan membuat pembelajaran dokkai menjadi menarik dan menyenangkan.---In language learning, there are four aspects of skills that need to be mastered. One of the aspect is the skill of reading comprehension or also called dokkai. To support that reading comprehension learning, it is necessary to have an interesting, fun, and effective alternative learning method. Therefore, this research uses one of the learning method, Cooperative Integrated Reading and Composition method or also called CIRC. The method is one of the cooperative method, which combined the reading and writing comprehension. Through this method, students not only exercise their cooperation skill, but also learn to give their own opinion freely. This research aims to determine whether the use of the CIRC method could be use of help to improve the ability of Japanese reading comprehension. The method used for this research is pure experimental method and uses the test and questionnaire instruments. The population in this research are students grade two on Department of Japanese Language Education at Indonesia University of Education. The sample in this research are 10 students as experimental class and 10 students as control class. Based on the analysis of data, it is known that t score is higher than t table, thus the hypothesis on this research is accepted, and can be concluded that the use of CIRC method could improve the ability of Japanese reading comprehension. This is also reinforced by the result of the questionnaire that showed more than half of the total of respondents are agree that using the CIRC method could improve the understanding on Japanese language writings, and made the learning of Japanese language reading comprehension more interesting and fun. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/33577/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/33577/