KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TAMAN KANAK-KANAK BERDASARKAN LATAR BELAKANG SERTIFIKASI PENDIDIK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran guru dalam mendidik dan membimbing anak. Selain itu peran guru sangat besar dalam peningkatan kualitas pendidikan nasional. Oleh sebab itu, seorang guru dituntut untuk memenuhi kompetensi-kompetensi sebagai syarat menjadi seorang guru yang profe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rohmalia Sanri Khoiriyah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33626/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran guru dalam mendidik dan membimbing anak. Selain itu peran guru sangat besar dalam peningkatan kualitas pendidikan nasional. Oleh sebab itu, seorang guru dituntut untuk memenuhi kompetensi-kompetensi sebagai syarat menjadi seorang guru yang profesional. Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh guru adalah kompetensi pedagogik. Rumusan masalah pada penelitian ini antara lain: pertama, seperti apa profil kompetensi pedagogik guru Taman Kanak-kanak yang sudah bersertifikasi pendidik di Kecamatan Plaosan. Kedua, seperti apa profil kompetensi pedagogik guru Taman Kanak-kanak yang belum bersertifikasi pendidik di Kecamatan Plaosan. Ketiga, apakah ada perbedaan kompetensi pedagogik antara guru Taman Kanak-kanak yang sudah dan belum bersertifikasi pendidik di Kecamatan Plaosan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Tes dilakukan kepada guru TK di Kecamatan Plaosan yang berjumlah 43 orang yang tersebar di 17 TK. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru TK di Kecamatan Plaosan yang sudah dan belum bersertifikasi pendidik secara keseluruhan berada pada kategori tinggi. Rekomendasi pada penelitian ini ditujukan kepada guru-guru TK maupun penyelenggara pendidikan agar terus meningkatkan kompetensi pedagogiknya melalui seminar, pelatihan maupun lokakarya. Selalu membuka diri dan mengambil hal-hal yang positif tentang perkembangan ilmu pengetahuan, kurikulum, maupun teknologi dan informasi. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam, menggunakan metode yang variatif dan melibatkan sampel yang lebih besar sehingga penelitian lebih representatif.--- This research is based on the importance of teachers' role in educating and guiding children. In addition, the role of teachers is very large in improving the quality of national education. Therefore, a teacher is required to fulfill the competence as a requirement to become a professional teacher. One of the conditions that teachers must fulfill is pedagogic competence. Things such as planning, implementation of learning and evaluation and assessment of child learning outcomes include aspects of pedagogic competence of kindergarten teachers. The formulation of the problem in this research are: firstly, what kind of pedagogic competence profile of kindergarten teachers who have educator certification in Plaosan Subdistrict. Secondly, what is the pedagogic teacher proficiency profile of kindergarten teachers who have not educator certification in Plaosan Subdistrict. Thirdly, is there any difference in pedagogic competence between teachers of Kindergarten who have and have not educator certification in Plaosan Subdistrict. This research uses quantitative approach with ex-post facto method. This research is done with tested test with five alternative answer choices. The test was done to the kindergarten teachers in Plaosan Sub-district, amounting to 43 people spread in 17 kindergartens. The result that the pedagogic competence of kindergarten teachers in Plaosan Sub-district who have and have not educator certification as a whole are in high category. The recommendations in this study are aimed at kindergarten teachers and education providers to keep improving their pedagogic competence through seminars, training and workshops. Always open up
Item Description:http://repository.upi.edu/33626/1/FIP_S_PAUD_1304057_Title.pdf
http://repository.upi.edu/33626/2/FIP_S_PAUD_1304057_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/33626/3/FIP_S_PAUD_1304057_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/33626/4/FIP_S_PAUD_1304057_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/33626/5/FIP_S_PAUD_1304057_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/33626/6/FIP_S_PAUD_1304057_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/33626/7/FIP_S_PAUD_1304057_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/33626/8/FIP_S_PAUD_1304057_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/33626/9/FIP_S_PAUD_1304057_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/33626/10/FIP_S_PAUD_1304057_Appendix.pdf