ANALISIS MANAJEMEN RISIKO OPERASIONAL DALAM MERENCANAKAN STRATEGI OPERASIONAL

Manajemen risiko operasional memegang peranan penting dalam organisasi, Manajemen risiko operasional adalah cara untuk mencegah kegagalan dalam faktor internal, sumber daya manusia, sistem, dan eksternal. Pengujian kendaraan bermotor adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memeriksa atau me...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Egi Bhakti Bhuana, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33696/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Manajemen risiko operasional memegang peranan penting dalam organisasi, Manajemen risiko operasional adalah cara untuk mencegah kegagalan dalam faktor internal, sumber daya manusia, sistem, dan eksternal. Pengujian kendaraan bermotor adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memeriksa atau menguji kendaraan bermotor agar memenuhi persyaratan teknis kelayakan. Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan kota Cimahi belum menerapkan manajemen risiko operasional secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan masukan pada organisasi dalam mengidentifikasi risiko, kemungkinan dan dampak risiko, serta bagaimana penerapan strategi berkaitan dengan penanganan risiko. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik wawancara digunakan dalam proses identifikasi risiko kepada tiga orang ahli, sedangkan kuesioner digunakan dalam proses analisis risiko kepada sepuluh orang diantaranya lima orang ahli dan lima orang petugas pengujian. Risiko yang dapat diidentifikasi dari hasil wawancara terdapat 38 risiko, faktor sistem sebanyak 13 risiko, faktor manusia sebanyak 7 risiko, faktor eksternal sebanyak 8 risiko, dan faktor internal sebanyak 10 risiko. Berdasarkan hasil analisis yang didapat dari penyebaran kuesioner terdapat 1 risiko dengan tingkatan "Rendah" yang menggunakan pendekatan strategi Risk Acceptence, 20 risiko dengan tingkatan "Medium" yang menggunakan pendekatan strategi Risk Reduction, 13 risiko dengan tingkatan "Tinggi" yang menggunakan pendekatan strategi Risk Sharing dan 4 risiko dengan tingkatan "Ekstrim" yang menggunakan pendekatan strategi Risk Avoidance. ----Operational risk management plays important role in organization. It is a way to prevent a failure in internal process, human resource, system, and external events. Motor vehicle testing is a series of activities that is done to inspect or test some parts of motor vehicle in order to meet the roadworthiness technical requirement. Some Regional Technical Implementation Unit of motor vehicle testing in Cimahi have not implement operational risk management optimally. This study aims to identify the risks for organization, possibility of risk, and its impact of risk. Besides, this study also offers some strategies that can be used to overcome the risks. The method used in this study is quantitative method. Interview techniques were used in the risk identification process for three experts, while the questionnaires were used in the risk analysis process to ten people including five experts and five testing officers. The results showed that there were 38 risks in organization of motor vehicle testing in Cimahi. These risks were caused by system (13); human factor (7); external factor (8); and internal factor (10). Regarding the level, one risk was categorized as low, 20 as medium, 13 as high, and 4 as extreme. Four strategies could be used to overcome the risks. Risk Acceptance Strategy could be used to solve low risk, Reduction Risk Strategy for medium risks, Risk Sharing Strategy for high risk, and Risk Avoidance Strategy for the extreme one.
Item Description:http://repository.upi.edu/33696/1/T_MMB_1503217_Title.pdf
http://repository.upi.edu/33696/2/T_MMB_1503217_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/33696/3/T_MMB_1503217_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/33696/4/T_MMB_1503217_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/33696/5/T_MMB_1503217_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/33696/6/T_MMB_1503217_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/33696/7/T_MMB_1503217_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/33696/8/T_MMB_1503217_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/33696/9/T_MMB_1503217_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/33696/10/T_MMB_1503217_Appendix.pdf