DESAIN DIDAKTIS PADA MATERI FLUIDA STATIS BERDASARKAN HAMBATAN BELAJAR SISWA SMA KELAS XI

Pada proses pembelajaran, diperlukan perencanaan yang memperhatikan respon siswa ketika pembelajaran berlangsung. Respon yang beragam dari siswa ini akan menimbulkan hambatan untuk memahami konsep tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu desain didaktis berdasarkan hambatan ep...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Gadis Argi Kiranti, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33745/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pada proses pembelajaran, diperlukan perencanaan yang memperhatikan respon siswa ketika pembelajaran berlangsung. Respon yang beragam dari siswa ini akan menimbulkan hambatan untuk memahami konsep tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu desain didaktis berdasarkan hambatan epistimologis siswa pada materi Fluida Statis. Desain penelitian yang digunakan adalah Didactical Design Research dengan metode Deskriptif Kualitatif. Dari hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti teridentifikasi hambatan yang dialami peserta didik, sebesar 68,32% siswa mengalami hambatan pada materi Tekanan Hidrostatis, 72,49 % siswa mengalami hambatan pada materi Hukum Pascal, 81,11 % siswa mengalami hambatan pada materi Hukum Archimedes. Maka dari itu untuk mengatasi hambatan belajar yang dialami siswa peneliti perlu melakukan penelitian DDR (Didactical Design Research). Penelitian Desain Didaktis (Didactical Design Research) terdiri dari tiga tahapan analisis, yaitu analisis situasi didaktis, analisis metapedadidaktik, dan analisis restrospektif yang dilakukan kepada siswa di salah satu SMA di Kota Bandung. Hasil Penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa hambatan belajar siswa pada materi Fluida Statis menjadi terminimalisir dengan baik yaitu 0,55% pada materi Tekanan Hidrostatis, 1,11% pada materi Hukum Pascal, 6,18% pada materi Hukum Archimedes. ----In the process of learning, planning is required to pay attention to student responses while learning process was taken. The diverse responses of these students will cause obstacles to understanding certain concepts. The purpose of this study was to create a didactic design based on students' epistimological barriers on Static Fluid material. The research design used is the Didactical Design Research with Qualitative Descriptive method. From the results of preliminary studies that have been done by researchers identified barriers experienced by learners, amounted to 68.32% students experiencing barriers in the material Hydrostatic Pressure, 72.49% Students experience barriers to the material Pascal Law, 81.11% students experience barriers to the material The Law of Archimedes. Therefore to overcome the barriers to learning that experienced students the researcher need to do DDR (Didactical Design Research). The Didactical Design Research consists of three stages of analysis, which are didactic situation analysis, metapedadetic analysis, and restrospective analysis that performed students in one of Senior High School in Bandung. The results of the research have shown that the students' learning barners on static fluid has been decreased by 0.55% on Hydrostatic Pressure material, 1.11% on Pascal Law material, 6.18% on Archimedes Law material.
Item Description:http://repository.upi.edu/33745/1/S_FIS_1400301_Title.pdf
http://repository.upi.edu/33745/2/S_FIS_1400301_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/33745/4/S_FIS_1400301_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/33745/3/S_FIS_1400301_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/33745/5/S_FIS_1400301_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/33745/6/S_FIS_1400301_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/33745/7/S_FIS_1400301_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/33745/8/S_FIS_1400301_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/33745/9/S_FIS_1400301_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/33745/10/S_FIS_1400301_Appendix.pdf