PENGARUH FILM PENDEK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI VISUAL ASPEK BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR BERGERAK

Film pendek dapat menjadi sebuah sarana pembelajaran dalam bentuk audio visual yang bisa memberikan stimulus untuk merangsang kemampuan literasi visual pada peserta didik. khususnya peserta didik yang mengambil jurusan multimedia, karena mereka diharuskan untuk bisa membuat objek visual yang dapat m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ilham Ramadhan Perdana, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33789/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04626 am a22003013u 4500
001 repoupi_33789
042 |a dc 
100 1 0 |a Ilham Ramadhan Perdana, -  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH FILM PENDEK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI VISUAL ASPEK BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR BERGERAK 
260 |c 2018-01-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/33789/1/S_KTP_1306651_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33789/2/S_KTP_1306651_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33789/3/S_KTP_1306651_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33789/4/S_KTP_1306651_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33789/5/S_KTP_1306651_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33789/6/S_KTP_1306651_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33789/7/S_KTP_1306651_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33789/8/S_KTP_1306651_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33789/9/S_KTP_1306651_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33789/10/S_KTP_1306651_Appendix.pdf 
520 |a Film pendek dapat menjadi sebuah sarana pembelajaran dalam bentuk audio visual yang bisa memberikan stimulus untuk merangsang kemampuan literasi visual pada peserta didik. khususnya peserta didik yang mengambil jurusan multimedia, karena mereka diharuskan untuk bisa membuat objek visual yang dapat menyampaikan pesan berupa pendidikan atau non-pendidikan kepada masyarakat. Penelitian ini menjawab permasalahan yang bertitik tolak dari rumusan masalah umum yaitu: apakah film pendek dapat berpengaruh terhadap kemapuan literasi visual aspek berpikir analitis pada peserta didik dalam mata pelajaran teknik pengambilan gambar bergerak? secara lebih khususnya yaitu: apakah film pendek dapat berpengaruh terhadap kemampuan literasi visual aspek berpikir analitis dalam memberikan penjelasan sederhana, membuat kesimpulan dan memberikan penjelasan lebih lanjut antara siswa yang menggunaakn media film pendek dengan yang hanya menggunakan slideshow pada mata pelajaran teknik pengambilan gambar bergerak. dengan menggunakan metode penelitian pretest-posttest control group design dan uraian yang dijadikan sebagai instrumen, penelitian ini mendapatkan hasil yang positif, karena berdasarkan hasil penelitiannya adalah terdapat pengaruh pada kemampuan literasi visual aspek berpikir analitis dalam memberikan penjelasan sederhana, membuat kesimpulan dan membuat penjelasan lebih lanjut dengan menggunakan media film pendek untuk pembelajaran. dengan ini membuktikan bahwa dengan penggunaan media film pendek dapat meningkatkan kemampuan literasi visual peserta didik dibandingkan dengan hanya menggunakan slideshow pada mata pelajaran teknik pengambilan gambar bergerak kelas XII Multimedia di SMKN 11 Bandung.---The Short films can be a tools for learning in the form of audio visuals that can provide stimulus to stimulate the ability of visual literacy in studenets. Especially they who take multimedia majors, because they are required to be able to create visual objects that can convey a message of education or non-education to the public with visually object they created. This study answers the problems that start from the formulation of a common problem that is: whether short film can affect the ability of visual literacy aspects of analytical thinking to students in the subjects of moving techniques? more specifically: whether short films can influence the visual literacy ability of the analytical thinking aspect in providing a simple explanation, drawing conclusions and providing further explanations between students using short film media with those who only use slideshows in the subjects of mobile shooting techniques. by using the research method of pretest-posttest control group design and the description used as an instrument, this study get positive results, because based on the results of his research is there is an influence on the ability of visual literacy aspects of analytical thinking in providing a simple explanation, make conclusions and make further explanation using short film media for learning. With this prove that with the use of short film media can improve the visual literacy ability of learners compared with just using the slideshow on videography class XII Multimedia classroom in SMKN 11 Bandung. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/33789/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/33789/