IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ALAM UNTUK MENUMBUHKAN KEPEDULIAN ANAK TERHADAP LINGKUNGAN

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program pendidikan karakter yang sedang di terapkan oleh pemerintah untuk menciptakan generasi yang berkarakter baik. Kelompok Bermain Kinanti sebagai salah satu satuan pendidikan yang menerapkan pendidikan karakter berbasis alam untuk menumbuhkan kepedulian anak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Putry Yuliyanty Wahyuni, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-12-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3381/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04230 am a22003013u 4500
001 repoupi_33810
042 |a dc 
100 1 0 |a Putry Yuliyanty Wahyuni, -  |e author 
245 0 0 |a IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ALAM UNTUK MENUMBUHKAN KEPEDULIAN ANAK TERHADAP LINGKUNGAN 
260 |c 2017-12-21. 
500 |a http://repository.upi.edu/33810/1/S_PLB_1305837_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33810/2/S_PLB_1305837_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33810/3/S_PLB_1305837_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33810/4/S_PLB_1305837_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33810/5/S_PLB_1305837_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33810/6/S_PLB_1305837_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33810/7/S_PLB_1305837_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33810/8/S_PLB_1305837_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33810/9/S_PLB_1305837_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33810/10/S_PLB_1305837_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program pendidikan karakter yang sedang di terapkan oleh pemerintah untuk menciptakan generasi yang berkarakter baik. Kelompok Bermain Kinanti sebagai salah satu satuan pendidikan yang menerapkan pendidikan karakter berbasis alam untuk menumbuhkan kepedulian anak terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) karakteristik program pendidikan karakter berbasis alam untuk menumbuhkan kepedulian anak terhadap lingkungan, 2) langkah-langkah pengelolaan program pendidikan karakter berbasis alam untuk menumbuhkan kepedulian anak terhadap lingkungan, 3) hasil implementasi program pendidikan karakter berbasis alam untuk menumbuhkan kepedulian anak terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang utama wawancara yang menggunakan instrumen kepada lima narasumber yakni pengelola, guru dan orang tua. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah 1) karakteristik program pendidikan karakter di Kelompok Bermain Kinanti berdasarkan pada 18 nilai karakter, prinsip pembelajaran PAUD berbasis alam, dan indikator sikap peduli lingkungan, 2) langkah-langkah pengelolaan program pendidikan karakter berbasis alam melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, 3) adanya program pendidikan karakter berbasis alam berdampak pada kognitif, afektif, dan psikomotorik yang menjadikan anak memiliki sikap peduli lingkungan.---The research was distributed by the character education program that is being applied by the Government to create a generation of good character. The Kinanti Playgroup as one unit of education apply natural-based character education to cultivate children's concern for the environment. The purpose of this study was to describe the: 1) characteristics of education base on nature program to foster a child's concern for the environment, 2) measures the management education base on nature program to foster care children to the environment, 3) the results of the implementation of the program of education base on nature to cultivate children's concern for the environment. This research uses descriptive qualitative approach method. Primary data collection techniques interviews thatuse instruments to five interviewees i.e. managers, teachers and parents. The results obtained from this study is 1) characteristics of the character education program in Kinanti Playgroup based on value of 18 characters, PAUD learning principles-based on nature, and indicator of caring environment attitude, 2) steps character-based education programs management of nature through the three stages, namely planning, implementation, and evaluation, 3) the existence of natural-based character education program impact on the cognitive, affective, and psychomotor children have the attitude that made the care for the environment.. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/33810/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3381/