KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MURID PENYANDANG AUTISME DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR:Studi kasus guru terhadap murid penyandang autisme di Richmond Homeschooling

Penelitian mengenai komunikasi interpersonal guru terhadap murid penyandang autis didasari oleh peningkatan jumlah anak di Indonesia yang mengalami spektrum autis setiap tahunnya. Keterbatasan komunikasi interpersonal yang dialami oleh penderita autisme membatasi mereka berinteraksi dengan lingkunga...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Muhammad Abdullah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-12-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33867/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04428 am a22003133u 4500
001 repoupi_33867
042 |a dc 
100 1 0 |a Muhammad Abdullah, -  |e author 
245 0 0 |a KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MURID PENYANDANG AUTISME DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR:Studi kasus guru terhadap murid penyandang autisme di Richmond Homeschooling 
260 |c 2017-12-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/33867/1/S_IKOM_1306697_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33867/2/S_IKOM_1306697_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33867/3/S_IKOM_1306697_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33867/4/S_IKOM_1306697_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33867/5/S_IKOM_1306697_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33867/6/S_IKOM_1306697_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33867/7/S_IKOM_1306697_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33867/8/S_IKOM_1306697_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33867/9/S_IKOM_1306697_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33867/10/S_IKOM_1306697_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian mengenai komunikasi interpersonal guru terhadap murid penyandang autis didasari oleh peningkatan jumlah anak di Indonesia yang mengalami spektrum autis setiap tahunnya. Keterbatasan komunikasi interpersonal yang dialami oleh penderita autisme membatasi mereka berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dalam beradaptasi, sedangkan manusia sebagai makluk sosial tidak dapat hidup tanpa berkomunikasi dengan yang lainnya. Tujuan dari penelitian ini membahas penerapan komunikasi interpersonal guru terhadap murid penyandang autisme yang menekankan pada proses belajar mengajar di sekolah. Bentuk penelitian yang dipilih adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Richmond Homeschooling dipilih sebagai tempat penelitian karena implementasi kurikulum yang berlaku dalam sekolah tersebut tidak menggunakan kurikulum khusus seperti yang biasanya diterapkan dalam sekolah-sekolah anak autis pada umumnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru dalam menerapkan komunikasi interpersonal terhadap murid autisme harus memaksimalkan keseluruhan aspek dalam berkomunikasi baik verbal dan nonverbal. Aspek keterbukaan, empati, sikap mendukung, rasa positif, dan kesetaraan yang terdapat dalam penerapan komunikasi interpersonal dijalankan oleh guru terhadap murid autisme di Richmond Homeschooling sebagai bentuk mendekatkan diri dengan murid autisme. Bentuk penerapan komunikasi verbal dan nonverbal juga diterapkan dengan maksimal oleh guru dalam proses belajar mengajar.---Research on interpersonal communication of teachers to students with autism is based on the increasing number of children in Indonesia who experience the autism spectrum each year. The limitations of interpersonal communication experienced by autism people limit them to interact with the surrounding environment in adapting, whereas human beings as social beings cannot live without communicating with others. The purpose of this study discusses the application of teacher interpersonal communication to students with autism who emphasize the process of teaching and learning in school. The selected research is qualitative approach with case study research method. Richmond Homeschooling was chosen as a place of study because the curriculum implementation that prevails in the school does not use the special curriculum as it is usually applied in schools of children with autism in general. The results of this study indicate that teachers in applying interpersonal communication to students with autism should maximize all aspects of communicating both verbal and nonverbal. Aspects of openness, empathy, supportiveness, positiveness, and equality that exist in the application of interpersonal communication run by teachers to autism students at Richmond Homeschooling as a form of getting closer to autism students. The form of application of verbal and nonverbal communication is also applied maximally by teachers in teaching and learning process. 
546 |a en 
690 |a H Social Sciences (General) 
690 |a HE Transportation and Communications 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/33867/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/33867/