KETERAMPILAN PENYESUAIAN SOSIAL BERDASARKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK : Studi Deskriptif terhadap Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 19 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018

Peserta didik yang belum mampu melakukan penyesuaian sosial dengan baik tidak akan merasakan kebahagiaan dalam hidup termasuk dalam prestasi belajarnya. Berkaitan dengan hal tersebut, peserta didik akan cenderung rendah diri, tertutup, suka menyendiri, kurang percaya diri serta merasa malu jika bera...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dede Intan Safitri, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-12-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33877/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04285 am a22003253u 4500
001 repoupi_33877
042 |a dc 
100 1 0 |a Dede Intan Safitri, -  |e author 
245 0 0 |a KETERAMPILAN PENYESUAIAN SOSIAL BERDASARKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK : Studi Deskriptif terhadap Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 19 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018 
260 |c 2017-12-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/33877/1/S_PPB_1306718_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33877/2/S_PPB_1306718_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33877/3/S_PPB_1306718_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33877/4/S_PPB_1306718_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33877/5/S_PPB_1306718_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33877/6/S_PPB_1306718_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33877/7/S_PPB_1306718_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33877/8/S_PPB_1306718_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33877/9/S_PPB_1306718_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33877/10/S_PPB_1306718_Appendix.pdf 
520 |a Peserta didik yang belum mampu melakukan penyesuaian sosial dengan baik tidak akan merasakan kebahagiaan dalam hidup termasuk dalam prestasi belajarnya. Berkaitan dengan hal tersebut, peserta didik akan cenderung rendah diri, tertutup, suka menyendiri, kurang percaya diri serta merasa malu jika berada di antara orang lain atau situasi yang terasa asing baginya. Jika terus dibiarkan, permasalahan yang dialami peserta didik akan lebih kompleks seperti pergaulan bebas, tindak kekerasan, dan bentuk perilaku maladjusment yang lainnya. Sedangkan peserta didik yang mampu melakukan penyesuaian sosial nantinya diharapkan akan berjasil dalam belajar dan memiliki prestasi belajar yang memuaskan. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kecenderungan umum keterampilan penyesuaian sosial peserta didik kelas XI SMA Negeri 19 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018 dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh dari instrumen penyesuaian sosial yang terdiri dari 48 item pernyataan dan menggunakan skala Likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan menggunakan seluruh anggota populasi sebagai sampel yaitu sebanyak 326 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan penyesuaian sosial peserta didik berdasarkan prestasi belajar berada pada kategori sedang. Atas dasar hasil, dirancang layanan bimbingan sosial sebagai upaya pemberian bantuan kepada peserta didik agar dapat menjalankan tugas-tugas perkembangan dalam menyesuaikan diri dengan lingungan sosial.---- Generally, students who have not been able to make a good social adaptation will not feel the happiness in their life, including in the learning achievement. They will tend to be modest, closed, aloof, lack of confidence and feel ashamed if they are among other people or foreign situations. If it continues to be left, this problem will be more complex and will be closed to promiscuity, violence, and other forms of maladjusment behavior. While students who are able to make social adjustment will be expected to succeed in learning and have a satisfactory learning achievement. This study aims to describe the general trend of social adjustment skills of student class of SMA Negeri 19 Bandung Year 2017/2018) by using a quantitative approach and descriptive method. The research data was obtained from a social adjustment instrument consisting of 48 statement items and using a Likert scale. The sampling technique using saturated sample technique which take 326 students as a sample. The results show that the social adjustment skills based on students learning achievement are in medium categories.on the basis of outcomes, social counseling service is designed to assist students easy to carry out developmental tasks in adjusting to the social environment. 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/33877/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/33877/