KONSELING SPIRITUAL TEISTIK UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KEMANDIRIAN MAHASISWA : Penelitian Eksperimen Kuasi Terhadap Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam Semester Tiga di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten Tahun Ajaran 2016/2017

Kemandirian atau perilaku mandiri adalah kecenderungan individu untuk menentukan sendiri tindakan (aktivitas) yang dilakukan dan tidak ditentukan oleh orang lain. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas konseling spiritual teistik untuk meningkatkan karakter kemandirian mahasiswa. Penelitian me...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Andi Irfhana Ardhi, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-08.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33879/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kemandirian atau perilaku mandiri adalah kecenderungan individu untuk menentukan sendiri tindakan (aktivitas) yang dilakukan dan tidak ditentukan oleh orang lain. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas konseling spiritual teistik untuk meningkatkan karakter kemandirian mahasiswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif-kualitatif dengan metode penelitian campuran (mix methods) dan desain penelitian eksperimen kuasi nonequivalent pre test-posttest control group design (pre test-posttest dua kelompok). Penelitian dilakukan di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten dengan mengambil subjek penelitian yakni mahasiswa bimbingan dan konseling Islam semester tiga yang ditentukan secara non-random assignment (penentuan partisipan disesuaikan dengan kriteria-kriteria tertentu yang akan diteliti) menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala kemandirian. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya perbedaan skor yang signifikan antara fase pre-test dan fase post-test dengan meningkatnya skor kemandirian yang diperoleh mahasiswa. Temuan ini menjelaskan bahwa konseling spiritual teistik efektif untuk meningkatkan karakter kemandirian mahasiswa.---- Independence or independent behavior is the tendency of individuals to determine their own actions (activities) undertaken and not determined by others. This study aims to test the effectiveness of theistic spiritual counseling to improve the character of student autonomy. The study used a quantitative-qualitative approach with mixed methods and quasi experimental research designs nonequivalent pre-test-post test control group design (pre test-post test of two groups). The research was conducted at the State Islamic University of Sultan Maulana Hasanudin Banten by taking the research subject ie the third semester student guidance and counseling which determined by non-random assignment using purposive sampling technique. The research instrument used is Independence Scale. It also shows that there is difference between fases pre-test and post-test fases which indicates by the increase of students' independence level. These findings clarify that teistik spiritual of counseling is effective to increase students' autonomy.
Item Description:http://repository.upi.edu/33879/1/T_BK_1402577_Title.pdf
http://repository.upi.edu/33879/2/T_BK_1402577_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/33879/3/T_BK_1402577_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/33879/4/T_BK_1402577_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/33879/5/T_BK_1402577_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/33879/6/T_BK_1402577_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/33879/7/T_BK_1402577_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/33879/8/T_BK_1402577_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/33879/9/T_BK_1402577_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/33879/10/T_BK_1402577_Appendix.pdf