PEMBELAJARAN BERBASIS ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT BERBANTUAN CONCEPTUAL CHANGE TEXT PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Berdasarkan teori Vygotsky zone of proximal development (ZPD) adalah daerah antara tingkat perkembangan aktual yang merupakan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah dengan sendiri dan tingkat perkembangan potensial yang merupakan kemampuan memecahkan masalah di bawah panduan orang dewasa atau...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rukiyahtul Adawiyah Ritonga, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33892/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04629 am a22003013u 4500
001 repoupi_33892
042 |a dc 
100 1 0 |a Rukiyahtul Adawiyah Ritonga, -  |e author 
245 0 0 |a PEMBELAJARAN BERBASIS ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT BERBANTUAN CONCEPTUAL CHANGE TEXT PADA MATERI HIDROLISIS GARAM 
260 |c 2018-01-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/33892/1/S_KIM_1300548_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33892/2/S_KIM_1300548_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33892/3/S_KIM_1300548_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33892/4/S_KIM_1300548_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33892/5/S_KIM_1300548_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33892/6/S_KIM_1300548_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33892/7/S_KIM_1300548_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33892/8/S_KIM_1300548_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33892/9/S_KIM_1300548_Bibliography.pdf 
520 |a Berdasarkan teori Vygotsky zone of proximal development (ZPD) adalah daerah antara tingkat perkembangan aktual yang merupakan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah dengan sendiri dan tingkat perkembangan potensial yang merupakan kemampuan memecahkan masalah di bawah panduan orang dewasa atau hasil kerjasama dengan rekan sebaya yang lebih mampu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan penguasaan konsep antara kelas berbasis ZPD dan kelas tidak berbasis ZPD berbantuan conceptual chage text pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan Metode Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 73 siswa yang mengikuti tes yaitu pretes, postes 1, postes 2 dan membaca teks perubahan konseptual tentang hidrolisis garam. Dari 73 siswa yang terlibat hanya 45 siswa yang memenuhi syarat untuk dijadikan subjek penelitian, terdiri dari 22 siswa kelas berbasis ZPD (kelompok eksperimen) dan 23 siswa kelas berbasis non ZPD (kelompok kontrol). Angket digunakan untuk mengecek siswa yang membaca dan yang tidak membaca. Wawancara dilakukan untuk menggali keterangan guru yang mengajar mengenai perbedaan kelas berbasis ZPD dan kelas tidak berbasis ZPD. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan aktual kelompok eksperimen (8,16%) tidak berbeda signifikan dengan kelompok kontrol (8,03%). kemampuan potensial kelompok eksperimen (27,68%) berbeda signifikan dengan kelompok kontrol (22,91%). Hasil uji statistik menunujukkan adanya perbedaan peningkatan N-gain penguasaan konsep antara kelas berbasis ZPD (N = 0,22) dan kelas tidak berbasis ZPD (N = 0,06) pada materi hidrolisis garam secara signifikan.---According to Vygotsky about of zone of proximal development (ZPD) theory is the area between actual development level that is a person's development to solve problems with his own and the potential development level that is the development to solve problems under adult guidance or the result of cooperation with more capable peers. The purpose of this research is to know the difference of concept mastery improvement between ZPD and non ZPD with conceptual change texs on salt hydrolysis material. The research method used is Quasi Experiment with Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. The subjects consisted of 73 students who had to take the test is pretest, posttest 1, posttest 2 and read the conceptual change text on salt hydrolysis. The 73 students involved only 45 students who qualify for the subject of research, consisting of 22 students acted as ZPD based classes (experimental group) and 23 students acted as non ZPD based classes (control groups). Questionnaires are used to check students who read and who do not read. Interviews were conducted to explore teacher's information about the differences in ZPD based classes and non ZPD based classes in providing learning in the classroom. Results showed actual development of the experimental group (8.16%) not different significant with control group (8.03%). Potential development of the experimental group (27.68%) different significant with control group (22.91%). There is a difference in the improvement N-gain of conceptualization between ZPD based classes (N = 0.22) and non ZPD based classes (N = 0.06) on salt hydrolysis material. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QD Chemistry 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/33892/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/33892/