PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA SMK PADA TOPIK ELEKTROLISIS

Lembar kerja siswa (LKS) yang digunakan dalam pembelajaran di laboratorium memegang peranan penting dalam pembentukan pengetahuan dan tingkah laku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kondisi optimum proses elektroplating untuk dijadikan prosedur pada LKS, mengidentifikasi keterlaksanaan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nana Rohana, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3391/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Lembar kerja siswa (LKS) yang digunakan dalam pembelajaran di laboratorium memegang peranan penting dalam pembentukan pengetahuan dan tingkah laku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kondisi optimum proses elektroplating untuk dijadikan prosedur pada LKS, mengidentifikasi keterlaksanaan prosedur dan mengidentifikasi peningkatan penguasaan konsep dan kreativitas siswa serta mengetahui respon siswa terhadap LKS dan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi. Tahap uji coba terbatas dilakukan di salah satu SMK Negeri di Kab. Sumedang dengan partisipan 31 orang siswa dan 3 orang guru sebagi observer. Instrumen yang digunakan adalah tes penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa, lembar observasi keterlaksanaan praktikum dan bertindak kreatif siswa, angket serta pedoman wawancara mengenai LKS dan pembelajaran. Temuan penelitian ini yaitu: prosedur percobaan elektroplating optimum pada voltase arus listrik DC 2 V, elektrolit 500 mL CuSO4 (aq) 0,5 M dengan penambahan H2SO4(aq), jarak antar elektrode 7 cm. Keterlaksanaan prosedur sangat tinggi (88%), N-gain peningkatan penguasaan konsep kategori sedang (0,48), N-gain peningkatan keterampilan berpikir kreatif kategori sedang (0,60), N-gain bertindak kreatif kategori tinggi (0,74) dan tanggapan terhadap LKS kategori kuat (77%) dengan mean kecenderungan respon siswa menyatakan setuju (3,89) berdasarkan Skala Likert dengan pernyataan positif. Penelitian ini bermanfaat bagi siswa sebagi panduan kegiatan pembelajaran dan guru kimia sebagai referensi bahan ajar di sekolah serta bagi peneliti lain untuk dikembangkan pada topik lain dan implementasi yang lebih luas.-----Student's worksheet is used in most school laboratory activities, have a central role in shaping the students' behaviors and learning. The goals of this study are: to find optimal electroplating procedure as a procedure in student's worksheet; to identify the procedure accomplishment; to identify student's mastery of concepts and creative thinking skill gain; to observe student creativity; and to identify student's respon about the worksheet and learning processes. The modified research and development method has used in this study. Preliminary field testing step was carried out in a Vocational Public School in Sumedang with 31 students as participant and 3 teachers as observer. Some research instruments were used: mastery of concepts and creative thinking skill tests; electrolysis procedure accomplishment and student creativity observation form; student respons to worksheet questionnaire and interview guidance. Finding of this study were: electroplating procedure optimum in 2 Volt of DC power; 500 mL CuSO4 (aq) 0,5 M with H2SO4(aq) added electrolyte solution, and 7 cm of anode and cathode space; high category in procedure accomplishment (88%); medium category in student's mastery of concepts gain (N-gain: 0,48) and creative thinking skill gain (N-gain: 0,60); high category in student creativity commit gain (N-gain: 0,74); and strong category in student's respon about the worksheet and learning processes (77%) or agree (3,89) tendency based on positive statement Likert Scale. The benefit of this study are: as the laboratory activity guidance for student; as teaching material reference in the school for teacher; and to develop further study in other kind of topic and more wide implementation.
Item Description:http://repository.upi.edu/33901/2/T_KIMIA_1502779_Title.pdf
http://repository.upi.edu/33901/1/T_KIMIA_1502779_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/33901/3/T_KIMIA_1502779_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/33901/4/T_KIMIA_1502779_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/33901/5/T_KIMIA_1502779_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/33901/6/T_KIMIA_1502779_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/33901/7/T_KIMIA_1502779_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/33901/8/T_KIMIA_1502779_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/33901/9/T_KIMIA_1502779_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/33901/10/T_KIMIA_1502779_Appendix.pdf