PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA TOPIK POLIMER MELALUI PEMBUATAN SLIME

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada topik polimer melalui pembuatan slime yang dapat digunakan oleh siswa pada tingkat SMA/MA. Metode yang digunakan adalah metode evaluatif. Sumber data yang digunakan adalah 15 orang siswa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Parmita Utami, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3393/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada topik polimer melalui pembuatan slime yang dapat digunakan oleh siswa pada tingkat SMA/MA. Metode yang digunakan adalah metode evaluatif. Sumber data yang digunakan adalah 15 orang siswa kelas XII SMA di Kota Bandung, 2 orang guru kimia SMA kelas XII, dan 3 orang dosen pendidikan kimia FPMIPA UPI. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar optimasi prosedur praktikum, lembar validasi guru dan dosen, lembar observasi keterlaksanaan tahapan inkuiri, pedoman penilaian jawaban siswa, serta lembar angket respons siswa. Hasil optimasi prosedur pembuatan slime,adalah volume PVA 4% dalam air 100 mL, natrium borat 2% 10 mL; 15 mL; dan 20 mL, serta lama waktu pengadukan yang dibutuhkan untuk menghasilkan slime selama 1 menit 30 detik. Hasil validasi guru dan dosen terhadap kesesuaian komponen dalam LKS dengan indikator keterampilan inkuiri, kesesuaian konsep, tata bahasa, serta tata letak dan perwajahan termasuk ke dalam kategori sangat baik. Keterlaksanaan praktikum berdasarkan observasi keterlaksanaan tahapan inkuiri dan penilaian jawaban siswa termasuk ke dalam kategori sangat baik. Respon siswa terhadap LKS praktikum termasuk ke dalam kategori sangat baik dan respon siswa terhadap praktikum menggunakan LKS termasuk ke dalam kategori baik. ---The purpose of this research is to develop Student Lab Worksheet based guided Inquiry on the topic of polymer by making slime that can be used by senior high school. The method which used in this research is evaluative method. Data source for this research are 15 students at 3th grade senior high school in Bandung, 2 chemical 12th grade teachers, and 3 lectures of chemistry education FPMIPA UPI. Instruments research that used are practical procedure optimization sheet, teacher and lectures validation sheet, observations of implementation inquiry stages sheet, assessment guidelines for student answers, and the student response questionnaire. The result of optimum procedure are the experiment used 100 mLs of 4% PVA in water, 10 mLs; 15 mLs; and 20 mLs sodium borate 2%, and the length of stirring time required to produce slime is 1 minute 30 seconds. Teachers and lectures validation result of inquiry skills in this experiment worksheet, corfirmity of concepts, grammar, and layout are excellent. The implementation of inquiry stages based on observation and student answers of worksheet task are excellent. The student's response to implementation of experiment worksheet is good while to the experiment worksheet itself is excellent.
Item Description:http://repository.upi.edu/33930/1/FPMIPA_S_KIM_1306279_Title.pdf
http://repository.upi.edu/33930/2/FPMIPA_S_KIM_1306279_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/33930/3/FPMIPA_S_KIM_1306279_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/33930/4/FPMIPA_S_KIM_1306279_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/33930/5/FPMIPA_S_KIM_1306279_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/33930/6/FPMIPA_S_KIM_1306279_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/33930/7/FPMIPA_S_KIM_1306279_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/33930/8/FPMIPA_S_KIM_1306279_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/33930/9/FPMIPA_S_KIM_1306279_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/33930/10/FPMIPA_S_KIM_1306279_Appendix.pdf