PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DAN KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL (Studi Eksperimen Pada Ekstrakurikuler Futsal Putra SMA Negeri 16 Bandung)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif terhadap keterampilan sosial siswa dan keterampilan bermain futsal siswa pada ekstrakurikuler futsal putra SMA Negeri 16 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eks...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Eni Desanti, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-11-14.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33945/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03885 am a22003133u 4500
001 repoupi_33945
042 |a dc 
100 1 0 |a Eni Desanti, -  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DAN KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL (Studi Eksperimen Pada Ekstrakurikuler Futsal Putra SMA Negeri 16 Bandung) 
260 |c 2017-11-14. 
500 |a http://repository.upi.edu/33945/1/FPOK_S_JKR_1305888_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33945/2/FPOK_S_JKR_1305888_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33945/3/FPOK_S_JKR_1305888_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33945/4/FPOK_S_JKR_1305888_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33945/5/FPOK_S_JKR_1305888_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33945/6/FPOK_S_JKR_1305888_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33945/7/FPOK_S_JKR_1305888_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33945/8/FPOK_S_JKR_1305888_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33945/9/FPOK_S_JKR_1305888_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33945/10/FPOK_S_JKR_1305888_Appendix.pdf 
520 |a Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif terhadap keterampilan sosial siswa dan keterampilan bermain futsal siswa pada ekstrakurikuler futsal putra SMA Negeri 16 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra SMA Negeri 16 Bandung yang mengikuti ekstrakurikuler futsal sebanyak 20 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh, yang berarti seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen keterampilan sosial menggunakan angket yang merujuk dari SSRC (Social Skill Rating Scale), sedangkan keterampilan bermain menggunakan GPAI (Game Performance Assesment Instrument). Berdasarkan pengolahan dan analisis data yang diperoleh dapat diketahui nilai signifikansinya adalah 2,024 dengan hasil pengujian angket keterampilan sosial 4,341 dan hasil pengujian keterampilan bermain 4,187. Karena nilai signifikansi lebih besar dari 2,024 maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan sosial siswa dan keterampilan bermain futsal siswa.--- The purpose of this study is to determine whether there is significant impact of cooperative learning towards students' social skills and futsal skills of male futsal extracurricular of SMA Negeri 16 Bandung. The method that is used in this study is experiment by using One Group Pretest-Posttest Design. The population in this study is 20 male students of SMA Negeri 16 Bandung who engaged in futsal extracurricular, while the sample in this study is 20 students by using saturated sample which means the whole population become the sample. Social skills instruments used SSRC (Social Skills Assessment Scale), while play skills used GPAI (Game Performance Assessment Instrument). Based on the processing and analysis of data that was obtained, the result indicated that the value of significance is 2,024 with the results of 4.341 for social skills and 4.188 for play skills test questionnaire. Due to the value of significance is greater than 2,024 then Ho is rejected. Thus, it can be concluded that cooperative learning has significant impact to students' social and futsal skills. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/33945/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/33945/