BIMBINGAN DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY KEPUTUSAN KARIR PESERTA DIDIK : Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 29 Bandung Tahun Ajaran 2017/ 2018

Permasalahan utama yang menjadi fokus penelitian adalah efektivitas bimbingan dengan teknik role playing untuk meningkatkan self-efficacy keputusan karir peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain penelitian nonequivalent pretest-postest control group. Pend...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nur Azmi Wiantina, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-08.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33953/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04468 am a22003133u 4500
001 repoupi_33953
042 |a dc 
100 1 0 |a Nur Azmi Wiantina, -  |e author 
245 0 0 |a BIMBINGAN DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY KEPUTUSAN KARIR PESERTA DIDIK : Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 29 Bandung Tahun Ajaran 2017/ 2018 
260 |c 2018-01-08. 
500 |a http://repository.upi.edu/33953/1/T_BK_1402454_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33953/2/T_BK_1402454_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33953/3/T_BK_1402454_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33953/4/T_BK_1402454_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33953/5/T_BK_1402454_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33953/6/T_BK_1402454_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33953/7/T_BK_1402454_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33953/8/T_BK_1402454_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33953/9/T_BK_1402454_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/33953/10/T_BK_1402454_Appendix.pdf 
520 |a Permasalahan utama yang menjadi fokus penelitian adalah efektivitas bimbingan dengan teknik role playing untuk meningkatkan self-efficacy keputusan karir peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain penelitian nonequivalent pretest-postest control group. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII SMP Negeri 29 Bandung tahun ajaran 2017/2018. Data dikumpulkan melalui instrumen self-efficacy keputusan karir. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan uji Mann-Whitney untuk mengukur beda dua rata-rata. Bimbingan dengan teknik role playing secara keseluruhan terbukti efektif untuk meningkatkan self-efficacy keputusan karir peserta didik. Kelas eksperimen mengalami peningkatan tingkat self-efficacy keputusan karir yang signifikan pada aspek penilaian diri; aspek informasi jurusan/peminatan sekolah dan pekerjaan; serta aspek pemilihan tujuan, meskipun peningkatannya tidak siginifikan pada aspek perencanaan dan aspek pemecahan masalah. Hal ini bisa diasumsikan layanan bimbingan dengan teknik role playing secara empiris terbukti efektif untuk meningkatkan self- self-efficacy keputusan karir peserta didik. Program dan instrumen penelitian dapat digunakan oleh guru BK/konselor sebagai rujukan dalam melaksanakan bimbingan dengan teknik role playing untuk meningkatkan self-efficacy keputusan karir peserta didik. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya intervensi bimbingan dengan teknik role playing untuk meningkatkan self-efficacy keputusan karir peserta didik diharapkan dilakukan pada sampel yang lebih beragam, tidak hanya terbatas pada peserta didik kelas VIII SMP----The main problem in this research was the effectivity of role playing technique in increasing students's career decision making self-efficacy. Quasi experimental with nonequivalent pretest-postest control group design was used as the method of the research. SMPN 29 Bandung 8th grade students, year of study 2017/2018, became the participant of this research. Data was collected using career decision making self-efficacy instrument, then analyzed with t-test and Mann-Whitney formula. The product of this research was the career guidance using role playing technique to increase student's career decision making self-efficacy, seen by the increase in career decision making self-efficacy experiment class higher than control class. Guidance using role playing technique empirically effective to increase career decision making self-efficacy, the increase is significant for self-appraisal aspect, school's major and career information aspect, and goal selections aspect, although not significant for planning aspect and problem solving aspect. Program and instrument could be used by counselor in school to increase career decision making self-efficacy. Recommendation for the next research, the intervention using role playing technique better be tested to broader sample, not only to the 8th grader students. 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/33953/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/33953/