PENGARUH UMPAN BALIK DAN KELINCAHAN TERHADAP JENIS KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN BOLABASKET SISWA SEKOLAH DASAR

Artikel ini membahas tentang metode pembelajaran yang menggunakan umpan balik segera dan tertunda kaitannya dengan tingkat kelincahan serta pengaruhnya terhadap penguasaan menggiring bolabasket siswa SD. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Faktorial sederhana 2x2. Sampel...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Raisa Indah Fardini, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-12-15.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33975/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Artikel ini membahas tentang metode pembelajaran yang menggunakan umpan balik segera dan tertunda kaitannya dengan tingkat kelincahan serta pengaruhnya terhadap penguasaan menggiring bolabasket siswa SD. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Faktorial sederhana 2x2. Sampel yang dijadikan orang coba berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kelincahan adalah Shuttle run 4x10m dan untuk mengukur penguasaan menggiring bola adalah Tes menggiring bolabasket (control dribbling). Setelah melalui hasil pengolahan dan analisis data dengan menggunakan Anava dan Uji lanjut Model Tukey dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran dengan menentukan jenis umpan balik menjadi hal yang penting karena berpengaruh terhadap hasil belajar dimana dalam penelitian ini, secara keseluruhan metode pembelajaran dengan umpan balik segera lebih baik dibandingkan dengan tertunda terhadap keterampilan menggiring bolabasket. Namun demikian, metode pembelajaran dengan menentukan umpan balik dipengaruhi oleh tingkat kelincahan dimana pada tingkat kelincahan tinggi metode pembelajaran umpan balik segera lebih baik. Akan tetapi, umpan balik segera dan umpan balik tertunda tidak memiliki perbedaan yang signifikan pada kelompok kelincahan rendah.---- This article discusses learning method that uses immediate feedback and delayed relation with the level of agility as well as its effect on the mastery of basketball in elementary students. The research method used is experiment with simple factorial design 2x2. The sample of 40 attempted people. The instrument used to measure agility is the Shuttle run 4x10m and to measure the dribbling mastery is control dribbling test. After going through the results of processing and data analysis using Anava and Tukey can be concluded that learning method by determining the type of feedback becomes important because it affects the learning outcomes where in this study, the overall learning method with feedback immediately better compared with delayed feedback in basketball skill. However, the learning method by determining the feedback is influenced by the level of agility at which the high agility of the learning method by using immediate feedback is better. However, immediate feedback and delayed feedback do not have a significant difference in the low agility group.
Item Description:http://repository.upi.edu/33975/1/T_POR_1502740_Title.pdf
http://repository.upi.edu/33975/2/T_POR_1502740_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/33975/3/T_POR_1502740_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/33975/4/T_POR_1502740_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/33975/10/T_POR_1502740_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/33975/5/T_POR_1502740_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/33975/6/T_POR_1502740_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/33975/7/T_POR_1502740_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/33975/8/T_POR_1502740_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/33975/9/T_POR_1502740_Appendix.pdf