PENGARUH POLA ASUH IBU BEKERJA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK (Studi Deskriptif pada siswa SMPN 40 Bandung)

Pola asuh orang tua adalah cara orang tua membesarkan anak seperti memenuhi kebutuhan anak, memberi perlindungan, mendidik anak, serta mempengaruhi tingkah laku anak dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat tiga bentuk pola pengasuhan, yaitu demokrasi, otoriter, dan pemanja, sehingga keluarga dapat dik...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Stefy Ely, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-12-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/33976/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pola asuh orang tua adalah cara orang tua membesarkan anak seperti memenuhi kebutuhan anak, memberi perlindungan, mendidik anak, serta mempengaruhi tingkah laku anak dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat tiga bentuk pola pengasuhan, yaitu demokrasi, otoriter, dan pemanja, sehingga keluarga dapat dikatakan sebagai pendidikan utama sebelum anak masuk ke lingkungan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 40 Bandung. Instrument penyampaian data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, metode ini dipilih karena penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mengambil suatu generalisasi mengenai pengaruh pola asuh Ibu bekerja terhadap perilaku sosial anak pada siswa SMP Negeri 40 Bandung. Uji prasayarat yang digunakan untuk analisis data adalah uji normalitas, uji linieritas. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian didapatkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh terhadap perilaku sosial anak. Hal ini di buktikan dari hasil regresi sederhana Ŷ = 33.322 + 0.782. Hasil nilai korelasi pola asuh ibu bekerja demokratis terhadap perilaku sosial anak sebesar 0,541, pola asuh ibu bekerja otoriter sebesar 0,529, dan pola asuh ibu bekerja permisif sebesar 0,829. Besarnya determinasi variabel pola asuh Ibu bekerja terhadap perilaku sosial anak adalah sebesar 53,90%. Hal ini berarti perilaku sosial dipengaruhi oleh pola asuh Ibu bekerja sebesar 53,90% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.-----Parenting is the way for parents to grow their children as they meet their needs, provide protection, educate, and influence the behavior of children in everyday life. There are 3 forms of parenting pattern, that is Democratic, Authoritarian and Permissive, so the family can be regarded as the primary educator before the children going in to the school environment. This research was conducted in 40 junior high school Bandung. The instrument of data submission in this research is descriptive method, this method is chosen because this research aim to describe, analyze, and take a generalization about the influnce of parenting pattern works to social behavior of child to student in 40 junior high school Bandung. The prerequesite test used for data analysis is normality test, and linearity test. Data analysis is using the simple regression test. The result of research got that the parenting pattern effect on social behavior of children. This evidenced from the result of simple regression, is Ŷ = 33.322 + 0.782. The result of correlation value of parenting pattern of democratic working mother toward social behavior of children is 0.541, authoritarian mother's care pattern is 0,529, and mother pattern of permissive work is 0,829. The amount of determination of mother's parenting variables to work against the social behavior of children is 53,90%. This means that social behavior is influenced by the mother's working pattern by 53,90% while the rest is influenced by other factors.
Item Description:http://repository.upi.edu/33976/1/S_PSIPS_1306980_Title.pdf
http://repository.upi.edu/33976/2/S_PSIPS_1306980_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/33976/3/S_PSIPS_1306980_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/33976/4/S_PSIPS_1306980_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/33976/5/S_PSIPS_1306980_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/33976/6/S_PSIPS_1306980_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/33976/7/S_PSIPS_1306980_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/33976/8/S_PSIPS_1306980_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/33976/9/S_PSIPS_1306980_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/33976/10/S_PSIPS_1306980_Appendix.pdf