PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN REPRESENTASI VISUAL THINKING MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOLAWOLE'S PROBLEM SOLVING

Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group. Kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran dengan penerapan metode pembelajaran Kolawole's Problem Solving, sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Anggraini, Hilwati Tias (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-03.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3435/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05132 am a22003133u 4500
001 repoupi_34035
042 |a dc 
100 1 0 |a Anggraini, Hilwati Tias  |e author 
245 0 0 |a PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN REPRESENTASI VISUAL THINKING MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOLAWOLE'S PROBLEM SOLVING 
260 |c 2017-02-03. 
500 |a http://repository.upi.edu/34035/1/T_MTK_1303184_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34035/2/T_MTK_1303184_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34035/3/T_MTK_1303184_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34035/4/T_MTK_1303184_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34035/5/T_MTK_1303184_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34035/6/T_MTK_1303184_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34035/7/T_MTK_1303184_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34035/8/T_MTK_1303184_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34035/9/T_MTK_1303184_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34035/10/T_MTK_1303184_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group. Kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran dengan penerapan metode pembelajaran Kolawole's Problem Solving, sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini melibatkan 58 siswa kelas X SMA di Jakarta. Analisis data dalam pengujian hipotesis digunakan uji MannWhitney U dan uji Kruskal Wallis. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) Secara keseluruhan, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan penerapan pembelajaran Kolawole's Problem Solving (KPS) lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; (2) Secara keseluruhan, peningkatan kemampuan representasi visual thinking matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan penerapan pembelajaran Kolawole's Problem Solving (KPS) lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; (3) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas yang diajarkan dengan pembelajaran KPS secara signifikan lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional berdasarkan kategori KAM rendah sedangkan secara signifikan tidak lebih baik berdasarkan kategori KAM tinggi dan sedang; (4) Peningkatan kemampuan representasi visual thinking matematis siswa kelas yang diajarkan dengan pembelajaran KPS secara signifikan lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional berdasarkan kategori KAM sedang sedangkan secara signifikan tidak lebih baik berdasarkan kategori KAM tinggi dan rendah; (5) Terdapat pengaruh interaksi metode pembelajaran (Kolawole's Problem Solving dan konvensional) dan KAM terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. (6) Tidak terdapat pengaruh interaksi metode pembelajaran (Kolawole's Problem Solving dan konvensional) dan KAM terhadap peningkatan kemampuan representasi visual thinking matematis siswa.----------This research is a quasi-experimental design with nonequivalent control group. The experimental group was treated in the implementation Kolawole's Problem Solving learning method, whereas the control group was treated with conventional learning. This study employed 58 ten graders in one of Senior High Schools in Jakarta. To analyze data, this study used Mann Whitney U test and Kruskal Wallis test. The result revealed that: (1) Overall, Students' improvement of critical thinking ability with Kolawole's Problem Solving (KPS) teaching method are better than those with conventional teaching method. (2) Overall, Students' improvement of visual thinking of representation ability with KPS teaching method are better than those with conventional teaching method. (3) Students' improvement of critical thinking ability with KPS teaching method are significantly better than those with conventional teaching method based on low KAM categories but are not significantly better than in conventional learning based on high and medium KAM categories. (4) Students' improvement of visual thinking of representation ability with KPS teaching method are significantly better than those with conventional teaching method based on medium KAM categories but are not significantly better than those with conventional teaching method based on high and low KAM categories. (5) There is any significant interaction effect students' teaching method and KAM categories (high, medium, low) toward the improvement of students' mathematical critical thinking ability (6) There is no significant interaction effect students' teaching method and KAM categories (high, medium, low) toward the improvement of students' mathematical visual thinking of representation ability. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QA Mathematics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/34035/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3435/