DESAIN DIDAKTIS KONSEP FUNGSI TRIGONOMETRI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA

Penelitian ini berjudul "Desain Didaktis Konsep Fungsi Trigonometri pada Pembelajaran Matematika SMA". Penelitian ini hakikatnya adalah mengembangkan suatu desain konsep fungsi trigonometri yang didasari learning obstacles dan learning trajectory. Analisis learning obstacle diperoleh berda...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Siti Rahmah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34163/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini berjudul "Desain Didaktis Konsep Fungsi Trigonometri pada Pembelajaran Matematika SMA". Penelitian ini hakikatnya adalah mengembangkan suatu desain konsep fungsi trigonometri yang didasari learning obstacles dan learning trajectory. Analisis learning obstacle diperoleh berdasarkan tes diagnostik dan observasi pembelajaran trigonometri di kelas. Uji learning obstacles dilakukan pada Kelas XII, sedangkan observasi dilakukan pada kelas X. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran learning obstacle dari materi trigonometri, menyusun desain didaktis hipotesis konsep fungsi trigonometri berdasarkan learning obstacle, menganalisis implementasi desain didaktis hipotesis, serta merevisi desain didaktis berdasarkan hasil implementasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berupa Didactical Design Research (Penelitian Desain Didaktis) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Berdasarkan learning obstacle ditemukan adanya hambatan yang didasari karena tidak terintegrasinya pembelajaran fungsi trigonometri dengan pembelajaran persamaan dan pertidaksamaan trigonometri. Oleh karena itu, inti dari desain didaktis ini adalah untuk mengatasi hambatan tersebut. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa desain didaktis ini merupakan salah satu alternatif dalam pembelajaran fungsi trigonometri sehingga learning obstacles dapat tereduksi.---- The problem in learning trigonometric function in class X is not yet integrated learning on material of trigonometric function, equation and inequation. This study aims to design the didactical design of the concept of trigonometric functions by applying didactical design research to review and consider learning obstacle and learning trajectory. Through the process of repersonalization and reconstruction, the design is planned to enable students to sketch and understand graphs of trigonometric functions and to integrate the learning of trigonometric function, equation and inequation.. In every situation given, it has been prepared the anticipation of didactical and pedagogical that consists of students' response and the feedbacks from the teacher. This didactical design is not a standard teaching material yet, means it will continue to be evaluated and improved in order to obtain the best result.
Item Description:http://repository.upi.edu/34163/1/T_MTK_1503042_Title.pdf
http://repository.upi.edu/34163/2/T_MTK_1503042_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/34163/3/T_MTK_1503042_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/34163/4/T_MTK_1503042_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/34163/5/T_MTK_1503042_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/34163/6/T_MTK_1503042_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/34163/7/T_MTK_1503042_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/34163/8/T_MTK_1503042_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/34163/9/T_MTK_1503042_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/34163/10/T_MTK_1503042_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/34163/11/T_MTK_1503042_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/34163/12/T_MTK_1503042_Appendix3.pdf