PROFIL PENGELOLAAN EMOSI MARAH SISWA BERDASARKAN JENIS KELAMIN DAN IMPLIKASINYA BAGI BIMBINGAN PRIBADI/SOSIAL

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perilaku negatif pada siswa, seperti tidak menghormati guru, bermusuhan/berkelahi dengan teman, dan perilaku negatif lainnya yang merugikan siswa juga lingkungan sekitarnya. Ketika fenomena ini dikaji secara lebih mendalam, perilaku negatif tersebut sala...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Tiwing Sekar Mimpi, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-12-20.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34184/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perilaku negatif pada siswa, seperti tidak menghormati guru, bermusuhan/berkelahi dengan teman, dan perilaku negatif lainnya yang merugikan siswa juga lingkungan sekitarnya. Ketika fenomena ini dikaji secara lebih mendalam, perilaku negatif tersebut salah satunya dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa yang kurang baik dalam mengelola emosi, khususnya emosi marah, yang dikenal dengan istilah Anger Management (Pengelolaan Emosi Marah). Secara umum, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil pengelolaan emosi marah siswa di SMK N 2 di kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017 berdasarkan aspek dan indikator pengelolan emosi marah dan tersusunnya program bimbingan pribadi/sosial yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan emosi marah siswa. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mendapatkan mendapatkan gambaran profil pengelolaan emosi marah siswa. Populasi yang digunakan adalah siswa usia 15-17 tahun yang berada pada masa remaja tengah, dan merupakan puncak dari fluktuasi emosi. Hasil penelitian menunjukan kemampuan pengelolaa emosi marah siswa berada pada kategori sedang. Rekomendasi hasil penelitian ditunjukkan pada guru BK agar dapat mengimplementasikan rancangan layanan bimbingan dan konseling pribadi sosial untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam pengelolaan emosi marah (anger management).-----This research is motivated by the phenomenon of negative behavior in studens such as not respecting teachers, fighting with friends, and other negative behaviors that adversely affect the students as well as the surrounding environment. When this phenomenon is studied more deeply, the negative behavior is caused by the ability of students who are less good in managing emotions, especially angry emotions as known as Anger Management. Generally, the purpose of this study was to find out the anger management profile of student's emotions based on aspects and indicators of anger management and the formation of an effective personal/social guidance program to improve the ability to manage students'angry emotions. A quantitative approach is used to get a profile picture of student's anger management ability. The population used is students aged 15-17 years who are in middle adolescence, and is the culmination of emotions fluctuations. The results showed anger management ability of angry students are in the medium category. Recommendations of research results are shown in the teacher in order to implement the design of social counseling services to develop students'ability to manage angry emotions
Item Description:http://repository.upi.edu/34184/1/S_PPB_1304850_Title.pdf
http://repository.upi.edu/34184/2/S_PPB_1304850_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/34184/3/S_PPB_1304850_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/34184/4/S_PPB_1304850_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/34184/5/S_PPB_1304850_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/34184/6/S_PPB_1304850_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/34184/7/S_PPB_1304850_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/34184/8/S_PPB_1304850_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/34184/9/S_PPB_1304850_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/34184/10/S_PPB_1304850_Appendix.pdf