PEMBUATAN MULTIMEDIA VIDEO TUTORIAL ROK LIPIT SEARAH

Rok lipit searah merupakan salah satu pembelajaran yang ada di dalam mata kuliah analisis pola busana, Pendidikan Tata busana FPTK UPI. Berdasarkan studi pendahuluan pada 25 mahasiswa tata busana angkatan 2013 yang telah mengikuti pembelajaran rok lipit searah, saat ini pembelajaran yang digunakan m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Lidyasandy, Ariviarahman (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-12-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3427/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04524 am a22003373u 4500
001 repoupi_34207
042 |a dc 
100 1 0 |a Lidyasandy, Ariviarahman  |e author 
245 0 0 |a PEMBUATAN MULTIMEDIA VIDEO TUTORIAL ROK LIPIT SEARAH 
260 |c 2017-12-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/34207/1/S_PKK_1306902_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34207/2/S_PKK_1306902_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34207/3/S_PKK_1306902_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34207/4/S_PKK_1306902_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34207/5/S_PKK_1306902_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34207/6/S_PKK_1306902_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34207/7/S_PKK_1306902_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34207/8/S_PKK_1306902_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34207/9/S_PKK_1306902_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34207/10/S_PKK_1306902_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34207/11/S_PKK_1306902_Appendix2.pdf 
520 |a Rok lipit searah merupakan salah satu pembelajaran yang ada di dalam mata kuliah analisis pola busana, Pendidikan Tata busana FPTK UPI. Berdasarkan studi pendahuluan pada 25 mahasiswa tata busana angkatan 2013 yang telah mengikuti pembelajaran rok lipit searah, saat ini pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional yaitu dengan cara demonstrasi, dan penggunaan media jobsheet, power point, dan fragment. Dari hasil studi pendahuluan tersebut ditemukan bahwa adanya masalah dalam pembelajaran diantaranya pembelajaran masih dirasa sulit oleh peserta didik yang lambat dalam menangkap materi pelajaran, peserta didik kesulitan untuk mengulang kembali materi diluar kelas, dan adanya keterbatasan ruang dan waktu untuk mempelajari materi rok lipit searah. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah yang dialami oleh peserta didik, dengan cara membuat media pembelajaran baru yaitu multimedia video tutorial rok lipit searah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research dan Development (R&D), dengan tahapan yang dilakukan yaitu identifikasi, perencanaan, pembuatan, validasi dan uji coba, serta tahap penilaian. Dari hasil validasi dan uji coba lapangan dapat diuraikan bahwa pembuatan multimedia video tutorial rok lipit searah yang dibuat termasuk kedalam kategori layak dengan persentase penilaian dari masing - masing validator dan pengguna adalah 95,97% oleh ahli multimedia, 93,21% dari ahli materi, dan 91,24% oleh pengguna. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembuatan multimedia video tutorial rok lipit searah telah layak digunakan.;---Knife pleats skirt is one of the learnings that is in the subject of pattern analysis of fashion Education of FPTK UPI. Based on the preliminary study on 25 students of the class of 2013 that have followed the learning knife pleats skirt, currently the learning used is still conventional by the way of its demonstration, and the use of media jobsheet, power point, and fragment. From the preliminary study result found that the existence of problems in such learning is still considered as difficult one by some slow learners in capturing the subject matter, learners difficult to repeat the material outside the classroom, and the limitations of space and time to study material skirt pleated direction. This study aim is to overcome the problems experienced by learners, by creating a new learning media that is multimedia knife pleats skirt video tutorial. The method used in this research is the method of Research and Development (R & D) with the steps taken are identification, planning, making, validation and trial, assessment and disseminatation and implementation. From the validation and trial results can be described that the making of multimedia knife plets skirt video tutorial entry he decent category with the percentage of aasessment of validator and usher is 95,97% by multimedia experts, 93,21% by material experts, and 91,24% by usher. According the data above it can be concluded that making of multimedia knife pleats skirt video tutorial has been "feasible" to used. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a T Technology (General) 
690 |a TT Handicrafts Arts and crafts 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/34207/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3427/