PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MODERATOR VARIABEL RELIGIUSITAS :Kuasi Eksperimen Pada Materi Menerapkan Konsep Koperasi dan Pengelolaan Koperasi Siswa Kelas X MAN 2 Kota Sukabumi

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di kalangan siswa SLTA khususnya di Kelas X IIS MAN 2 Kota Sukabumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara metode discovery dengan metode problem solving terhadap kemampuan berpikir...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Iksan Muhlis, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-10.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34225/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di kalangan siswa SLTA khususnya di Kelas X IIS MAN 2 Kota Sukabumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara metode discovery dengan metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran discovery dan problem solving pada tingkat religiusitas tinggi, sedang dan rendah dan bagaimana interaksi metode pembelajaran dengan religiusitas terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen menggunakan desain factorial 3x2, objek penelitian seluruh siswa kelas X IIS yang terdiri dari 4 kelas. Kelas X IIS-C sebagai kelas Eksperimen-1 , Kelas X IIS-A sebagai kelas Eksperimen-2 dan kelas X IIS-B sebagai kelas Kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner religiusitas dan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan inferensial parametris two-way ANOVA SPSS 20. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode discovery dan problem solving, 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran discovery dan problem solving pada tingkat religiusitas tinggi, sedang dan rendah 3) Terdapat interaksi metode pembelajaran dengan religiusitas.-----This research was motivated by the low of students' critical thinking skills among Senior High School students especially in MAN 2 Sukabumi IIS class X. The purpose of this study was to determine the difference in the effect between the discovery methods with problem solving methods towards the students' critical thinking skills, the difference in students' critical thinking skills using discovery method and problem solving method at the high, medium and low level of religiosity, and how the interaction learning methods with religiosity towards the students' critical thinking skills. The research method was a quasi-experimental study using 3x2 factorial design and object research throughout the entire class X IIS consisting of 4 classes. IIS X-C class as a class experiment 1 and IIS X-A class as a class experiment 2 and IIS X-B class as a class Control. The study's instruments using religiosity questionnaires and critical thinking skills test. Data analysis using inferential parametric two-way ANOVA SPSS 20. The results of data analysis showed that: 1) There are differences of students' critical thinking ability using discovery and problem solving method, 2) There are differences in students' critical thinking skills using discovery and problem solving methods at high, moderate and low levels of religiosity and 3) There is interaction learning method with religiosity
Item Description:http://repository.upi.edu/34225/1/T_PEKO_1502587_Title.pdf
http://repository.upi.edu/34225/2/T_PEKO_1502587_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/34225/3/T_PEKO_1502587_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/34225/4/T_PEKO_1502587_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/34225/5/T_PEKO_1502587_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/34225/6/T_PEKO_1502587_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/34225/7/T_PEKO_1502587_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/34225/8/T_PEKO_1502587_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/34225/9/T_PEKO_1502587_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/34225/10/T_PEKO_1502587_Appendix.pdf