PENGARUH PEMBELAJARAN FUTSAL DAN TINGKAT IQ SISWA TERHADAP KEMAMPUAN FUNGSI KOGNISI : Studi Eksperimen Terhadap Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bojongsoang Kabupaten Bandung

Permasalahan utama yang dihadapi adalah pada usia pertumbuhan siswa riskan terhadap perilaku negatif, yang tentu kenakalan remaja akan berdampak pada nilai akademis disekolah. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran futsal dan tingkat IQ siswa terhadap kemampua...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yuli Nur Fauziah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34288/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Permasalahan utama yang dihadapi adalah pada usia pertumbuhan siswa riskan terhadap perilaku negatif, yang tentu kenakalan remaja akan berdampak pada nilai akademis disekolah. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran futsal dan tingkat IQ siswa terhadap kemampuan fungsi kognisi siswa kelas VII dan VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bojongsoang Kabupaten Bandung. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 38 siswa terdiri kelas VII dan VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bojongsoang Kabupaten Bandung. Desain penelitian menggunakan anova factorial 2x2. Untuk memperoleh data kognisi yang terdiri dari lima aspek yaitu antesi, memori, bahasa, fungsi eksekutif dan visual spasial penliti menggunakan instrument Grid Concentration Exercise, Digit Memory Test, dan Tes Potensi Akademik (TPA). Adapun untuk memperoleh data IQ peneliti bekerjasama dengan pihak Unit Pelaksana Teknis Layanan Bimbingan dan Konseling, Universitas Pendidikan Indonesia (UPTLBK UPI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan dari hasil kemampuan fungsi kognisi yang signifikan; (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran futsal dengan tingkat IQ siswa; (3) Pembelajaran futsal 3 kali seminggu lebih baik dari pembelajaran 5 kali seminggu yang memiliki IQ tinggi; (4) Pembelajaran futsal 5 kali seminggu lebih baik dari pembelajaran 3 kali seminggu yang memiliki IQ rendah.-----The main problem faced is the age of student growth risk against negative behavior, which of course juvenile delinquency will have an impact on academic value at school. So the child must have room to channel aktfitas towards a more positive. This research is aimed to find out how big influence of learning futsal and level of student's IQ to ability of cognition function of students of class VII and VIII at State Junior High School 1 Bojongsoang Regency Bandung. Research method using experiment method. The subjects in this study as many as 38 students consist of class VII and VIII Junior High School 1 Bojongsoang District Bandung. The research design used anova factorial 2x2. To obtain cognitive data consisting of five aspects, namely anthesis, memory, language, executive function and visual spatial research using Grid Concentration Exercise instrument, Digit Memory Test, and Academic Potential Test (TPA). To obtain IQ data, the researcher cooperates with Technical Implementation Unit of Guidance and Counseling Service, Universitas Pendidikan Indonesia (UPTLBK UPI). The results showed that (1) there was a difference from the result of cognitive function ability significantly; (2) there is no interaction between futsal learning with student IQ level; (3) futsal learning 3 times a week is better than 5 times a week study with high IQ (4) Futsal learning 5 times a week is better than 3 times a week learning that has a low IQ.
Item Description:http://repository.upi.edu/34288/1/S_JKR_1300067_Title.pdf
http://repository.upi.edu/34288/2/S_JKR_1300067_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/34288/3/S_JKR_1300067_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/34288/4/S_JKR_1300067_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/34288/5/S_JKR_1300067_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/34288/7/S_JKR_1300067_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/34288/8/S_JKR_1300067_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/34288/6/S_JKR_1300067_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/34288/9/S_JKR_1300067_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/34288/10/S_JKR_1300067_Appendix.pdf