PERENCANAAN PENANGANAN MASALAH PENYELESAIAN SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNOLOGI AGROINDUSTRI MENGGUNAKAN SIKLUS PDCA (Plan, Do, Check, Action) PADA METODE CPI (Continous Process Improvement) : Studi Kasus di Mahasiswa Pendidikan Teknologi Agroindustri FPTK UPI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat mahasiswa Pendidikan Teknologi Agroindustri dalam penyelesaian skripsi dan menciptakan perencanaan agar dapat memperlakukan siswa secara efektif. Jumlah subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 15 orang terdiri dari 2 or...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Khairina, Puspa Adianti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34297/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat mahasiswa Pendidikan Teknologi Agroindustri dalam penyelesaian skripsi dan menciptakan perencanaan agar dapat memperlakukan siswa secara efektif. Jumlah subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 15 orang terdiri dari 2 orang dari angkatan 2011, 6 orang dari angkatan 2012, dan 7 orang dari angkatan 2013. Metode penelitian ini adalah CPI (Continuous Process Improvement). Penerapan siklus PDCA (Plan, Do, Check, Action) sebagai instrumen hanya sampai tahap Plan saja. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dimana jumlah pertanyaannya adalah 30 butir. Ditemukan, dua faktor yang dapat mempengaruhi penyelesaian skripsi yaitu faktor internal dan eksternal. Berdasarkan faktor internal sebanyak 73,33% responden mengungkapkan bahwa Pendidikan Teknologi Agroindustri bukan minat mereka, 66,67% tidak ingin menjadi guru, 66,7% siswa telah mengabaikan banyak tugas, 86,67% mahasiswa telah mengganti judul skripsi, 93,33% mahasiswa menghadapi kesulitan dalam pembuatan proposal skripsi, 53,33% mahasiswa belum mengumpulkan data, 66,67% mahasiswa belum memahami buku panduan penelitian, dan 80% mahasiswa belum menjadikan skripsi sebagai prioritas. Selanjutnya sebanyak 6,67% mahasiswa memiliki masalah keluarga termasuk kedalam faktor eksternal. Kesimpulannya bahwa faktor internal terbesar yang dapat mempengaruhi siswa untuk menyelesaikan skripsi adalah sulitnya membuat proposal skripsi, sedangkan faktor eksternal terbesar adalah adanya kegiatan lain yang lebih diprioritaskan mahasiswa dibandingkan dengan membuat skripsi.;---This study aimed to investigate factors which hampered Agroindustrial Engineering Education students to complete the thesis and to create a plan in order to be able to treat the students effectively. The number of subjects involved in this study are 15 people, consisting of 2 people from class of 2011, 6 people from class of 2012, and 7 people from class of 2013. This research method is the CPI (Continuous Process Improvement). Application of PDCA (Plan,Do, Check, Action) cycle as instrument was only Plan used. Data was collected using interview method where the number of question is 30. Found, two factors that can affect the completion of the thesis that is internal and external factors. Of the internal factors, 73,33% respondent revealed that the Agroindustrial Engineering Education is not their interest, 66,67% do not want to be a teacher, 66,7% of students have neglected many tasks, 86,67% of students have changed the tittle of thesis, 93,33% of students face to difficulty in making thesis proposal, 53,33% of students have not collected data, 66,67% of students have not understood a guide book of research, and 80% of students has not been made thesis as a priority. Furthermore, 6.67% of students having family problems are among the reasons included in external factors. In conclusion, the biggest internal factor that can influence students to complete the thesis is the difficulty to making thesis proposal, while the biggest external factor is the existence of other activities that prioritized the students rather than doing the thesis.
Item Description:http://repository.upi.edu/34297/1/S_PTA_1302067_Title.pdf
http://repository.upi.edu/34297/2/S_PTA_1302067_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/34297/3/S_PTA_1302067_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/34297/4/S_PTA_1302067_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/34297/5/S_PTA_1302067_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/34297/6/S_PTA_1302067_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/34297/7/S_PTA_1302067_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/34297/8/S_PTA_1302067_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/34297/9/S_PTA_1302067_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/34297/10/S_PTA_1302067_Appendix.pdf