PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN PERMAINAN TEKNIK BEBENTENGAN UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH : Penelitian Tindakan Kelas di SMA Yayasan Pembina Pendidikan Karya Pembangunan Baleendah

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan belum optimalnya kerjasama siswa dalam mengerjakan tugas sejarah secara berkelompok. Hal tersebut dibuktikan bahwa Siswa kurang mampu untuk berinteraksi dengan temannya dan kurang bertanggungjawab dalam tugas. Padahal manfaat dari kerjasama dalam pembelajaran s...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Zesmelita Roduma, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-12-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34349/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04478 am a22003373u 4500
001 repoupi_34349
042 |a dc 
100 1 0 |a Zesmelita Roduma, -  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN PERMAINAN TEKNIK BEBENTENGAN UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH : Penelitian Tindakan Kelas di SMA Yayasan Pembina Pendidikan Karya Pembangunan Baleendah 
260 |c 2017-12-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/34349/1/S_SEJ_1305649_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34349/2/S_SEJ_1305649_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34349/3/S_SEJ_1305649_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34349/4/S_SEJ_1305649_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34349/5/S_SEJ_1305649_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34349/6/S_SEJ_1305649_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34349/7/S_SEJ_1305649_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34349/8/S_SEJ_1305649_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34349/9/S_SEJ_1305649_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34349/10/S_SEJ_1305649_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34349/11/S_SEJ_1305649_Appendix2.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi dengan belum optimalnya kerjasama siswa dalam mengerjakan tugas sejarah secara berkelompok. Hal tersebut dibuktikan bahwa Siswa kurang mampu untuk berinteraksi dengan temannya dan kurang bertanggungjawab dalam tugas. Padahal manfaat dari kerjasama dalam pembelajaran sejarah dapat membentuk siswa menjadi pribadi yang peka terhadap sesama teman, lebih jauhnya siswa dapat menerapkan kerjasama didalam lingkungan masyarakat. Berbagai cara dapat dikembangkan untuk meningkatkan kerjasama siswa didalam kelas, satu diantaranya yaitu dengan menggunakan teknik bebentengan. Permainan teknik bebentengan merupakan teknik pembelajaran yang diciptakan oleh guru berdasarkan pengamatan terhadapat permainan yang ada di Indonesia. permainan ini dapat dimainkan oleh dua kelompok dan mewajibkan anggotanya untuk memiliki kerjasama team agar bisa memenangkan permainan. Teknik bebentengan termasuk kedalam model pembelajaran kooperatif, karena model tersebut lebih menekankan siswa dapat belajar bersama kelompok untuk mendapatkan pengetahuan, mengeksplor pengetahuan, dan menantang pengetahuan yang dimiliki oleh individu. Penelitian ini merupakan suatu proses penyelidikan ilmiah dalam bentuk refleksi diri yang melibatkan guru dengan tujuan memperbaiki pemahaman dan perilaku dalam setiap proses pembelajaran. Peneliti berharap penelitian ini dapat memberikan manfaat dalam bidang pendidikan. Kata Kunci: Permainan, teknik Bebentengan, kerjasama, inovasi, dan pembelajaran menyenangkan.---- This research is motivated by not optimal cooperation of students in the work of history in groups. This is attested that the less able to interact with friends and less responsible for the job done. In fact the benefits of cooperation in the learning of history can form a student a person that is sensitive to fellow, as far as the students can apply the cooperation in the community. Various ways can be developed to increase co-operation between the students in class, one of them is by using a technique bebentengan. This technique bebentengan is a technique of learning that was created by teachers based on observations to the games that exist in Indonesia. this game can be played by two groups and requires its members to have the team to win the game. The bebentengan, including in the learning model cooperative, that the more stressed students can learn in the group to get knowledge, to explore knowledge, and challenging knowledge which is owned by individuals. This study is a process of scientific investigation in the form of reflection involving teachers with the purpose of improving understanding and behavior in any learning process. The researchers hope this research may provide benefits in the field of education, a teacher can provide new innovations in developing techniques of learning fun to be applied in the class. 
546 |a en 
690 |a D History (General) 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/34349/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/34349/