PENGARUH VIRTUAL MUSEUM NASIONAL INDONESIA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG : Survey terhadap wisatawan nusantara yang pernah berkunjung ke Virtual Museum Nasional Indonesia

Perkembangan dunia digital membuat peluang besar bagi industri pariwisata di Indonesia. Digital tourism dimanfaatkan sebagai media promosi online, yang belum banyak digunakan oleh destinasi wisata khususnya wisata heritage. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah rendahnya minat wisatawan berkunj...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nurul, Laelia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-03-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34399/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Perkembangan dunia digital membuat peluang besar bagi industri pariwisata di Indonesia. Digital tourism dimanfaatkan sebagai media promosi online, yang belum banyak digunakan oleh destinasi wisata khususnya wisata heritage. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah rendahnya minat wisatawan berkunjung ke wisata heritage salah satunya adalah Museum Nasional Indonesia ditengah trend pariwisata yang berada pada golden era nya. Strategi yang dapat dilakukan dalam mengatasi minat berkunjung adalah dengan memanfaatkan promosi yang menyesuaikan perkembangan zaman, yaitu online and social media marketing yang didalamnya terdapat virtual museum. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran virtual museum Nasional Indonesia sebagai media promosi Museum Nasional Indonesia dan minat berkunjung serta pengaruh dari virtual museum Nasional Indonesia terhadap minat berkunjung.. Sampel yang diambil adalah sebanyak 100 wisatawan nusantara yang pernah berkunjung ke Virtual Museum Nasional Indonesia yang dijadikan sebagai responden. Teknik penarikan sampling yang digunakan adalah Convenience sampling. Teknik analisis data yang dipakai adalah uji asumsi klasik dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan virtual museum sebagai media promosi dinilai efektif dalam meningkatkan minat berkunjung oleh responden. Hasil perhitungan analisis jalur diketahui bahwa virtual museum memiliki pengaruh terhadap minat berkunjung ke Museum Nasional Indonesia.;---The development of the digital era creates a great opportunity for the tourism industry in Indonesia. Digital tourism is used as an online promotional media, which has not been widely used by tourist destinations, especially heritage tourism. Nowadays, the enthusiast for Museum Nasional Indonesia is low despite of it is status as heritage tourism, which is the trends of tourism currently. Strategies that can be done to overcome this problem is to utilize a campaign that can adjusts the time of the visitors using online and social media marketing, a virtual museum. The purposes of this research are to provide an overview of Virtual Museum Nasional Indonesia as a media promotion of Museum Nasional Indonesia, visit intention, and the influence of virtual museum towards visit intention. Samples are collected using convenience sampling from 100 domestic visitor as the respondents who have visited the Virtual Museum Nasional Indonesia. Then, collected data were analysed using classical test and path analyses. The results of this study indicate that the use of virtual museum as a media promotion is effective in increasing the visit intention.
Item Description:http://repository.upi.edu/34399/1/S_PEM_1403742_Title.pdf
http://repository.upi.edu/34399/2/S_PEM_1403742_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/34399/3/S_PEM_1403742_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/34399/4/S_PEM_1403742_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/34399/5/S_PEM_1403742_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/34399/6/S_PEM_1403742_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/34399/7/S_PEM_1403742_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/34399/8/S_PEM_1403742_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/34399/9/S_PEM_1403742_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/34399/10/S_PEM_1403742_Appendix.pdf