MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH : Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X IPS 3 SMA Negeri 23 Bandung

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Rendahnya aktivitas berlajar siswa di kelas tersebut ditandai dengan kurangnya aktivitas menyimak, berpendapat, bertanya, maupun menjawab pertanyaan dari guru. Hal tersebut menyebabkan peneliti...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Suci, Rayanita Sari (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34434/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Rendahnya aktivitas berlajar siswa di kelas tersebut ditandai dengan kurangnya aktivitas menyimak, berpendapat, bertanya, maupun menjawab pertanyaan dari guru. Hal tersebut menyebabkan peneliti merasa perlu untuk memperbaiki kondisi pembelajaran sejarah di kelas tersebut melalui penerapan model pembelajaran SAVI guna meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penerapan model pembelajaran SAVI ini dikemas dalam berbagai macam metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis & Taggart. Desain model ini memiliki beberapa tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan observasi sementara alat pengumpulan data yang digunakan ialah lembar observasi, catatan lapangan, lembar wawancara dan dokumentasi. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data mengenai pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menerapkan model pembelajaran SAVI, data tersebut berdasarkan indikator yang terdapat dalam penelitian ini. Indiakator-indikator tersebut terdiri dari aktivitas melihat (Visual Activities), aktivitas mendengar (Listening Activities), Aktivitas berbicara (Oral Activities), dan aktivitas bergerak (Motoric Activities). Penelitian ini terdiri dari delapan siklus dan delapan tindakan. Berdasarkan pada hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran ini, penerapan model pembelajaran SAVI yang dilakukan selama delapan siklus dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPS 3 SMA Negeri 23 Bandung dengan peningkatan indikator-indikator tersebut disetiap siklusnya. ;---The reason of this research is because of low learning activities of students in the classroom. The low student learning activity in the class is indicated by lack of activity to give an opinion, to ask question nor answer question from the teacher. Those matter causing the need for research to improve historical learning conditions in the class through application of the SAVI learning model in order to improve student learning activities. This application of the SAVI learning model is packaged in a variety of learning methods that can improve student learning activities. This study uses a classroom action research design model Kemmis & Taggart. The design of this model has several stages consisting of planning, implementation, observation and reflection. Interviews and observation is the data collection technique used with the data collection tool used are observation sheet, observation notes, interviews sheet and documentation. Data taken in this research is the data about the implementation of learning history by applying SAVI learning model learning modeles. The data is based on the indicators contained in this research. The indicators consist of visual activities, listening activities, oral activities and motoric activities. This research consists of eight phases and eight actions. Base on the results of the research obtained using this learning model, the application of SAVI learning model that is done by eight phases can improve student learning activity in history learning in Grade X IPS 3 SMA Negeri 23 Bandung by improvement of the indicators in each phase.
Item Description:http://repository.upi.edu/34434/1/S_SEJ_1300725_Title.pdf
http://repository.upi.edu/34434/2/S_SEJ_1300725_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/34434/3/S_SEJ_1300725_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/34434/4/S_SEJ_1300725_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/34434/5/S_SEJ_1300725_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/34434/6/S_SEJ_1300725_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/34434/7/S_SEJ_1300725_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/34434/8/S_SEJ_1300725_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/34434/9/S_SEJ_1300725_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/34434/10/S_SEJ_1300725_Appendix.pdf