PENGGUNAAN MEDIA BALOK CUISENAIRE UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BERHITUNG PENGURANGAN BILANGAN ASLI 1 SAMPAI 10 PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA

Kesulitan berhitung pengurangan merupakan salah satu hambatan akademik pada peserta didik tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media balok Cuisenaire terhadap peningkatan kemampuan pembelajaran berhitung pengurangan bilangan asli 1-10 pada peserta didik tunagrahita setel...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Putri Astika Sari, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-12-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34511/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kesulitan berhitung pengurangan merupakan salah satu hambatan akademik pada peserta didik tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media balok Cuisenaire terhadap peningkatan kemampuan pembelajaran berhitung pengurangan bilangan asli 1-10 pada peserta didik tunagrahita setelah diberikan intervensi dengan menggunakan media balok Cuisenaire dan membandingkan hasilnya dengan kondisi sebelum diberikan intervensi. Subjek merupakan anak tunagrahita ringan kelas II SDLB. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan subjek tunggal atau Single Subject Research dengan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes tulis dan observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh pada kondisi baseline 1(A-1) mean level sebesar 0%, kemudian mean level pada kondisi intervensi (B) sebesar 87,5 % , dan mean level pada kondisi baseline 2 (A-2) sebesar 100 %. Selama tahap intervensi anak mampu menggunakan media ini sebab anak aktif dan antusias dalam mengikuti instruksi cara menggunakan media. Berdasarkan perhitungan diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media balok Cuisenaire dapat meningkatkan kemampuan berhitung pengurangan bilangan asli 1-10 pada peserta didik tunagrahita ringan (AM), ini dibuktikan dengan peningkatan hasil kemampuan berhitung pengurangan bilangan asli 1-10 pada setiap kondisi dan menurunnya intensitas ketergantungan subjek pada bantuan. Rekomendasi untuk pihak sekolah dan guru yaitu agar media balok Cuisenaire dapat diterapkan sebagai sebuah media pembelajaran dalam menyampaikan pembelajaran berhitung pengurangan bilangan asli..---- Difficulty in learning ability of counting the subtraction is one of impact of the intellectual disability in a child with mental retardation. The research aims to investigate the use of Cuisenaire rods media to improve the learning ability of counting the subtraction of original numbers of 1-10 in retardation children after being given intervention by using Cuisenaire rods media and to compare the result with condition before being given intervention. The subject is a mild mental retardation child in the 2 nd grade of SDLB. The method in this research is experimental method with single subject or Single Subject Research with A-B-A design. The data collection techniques in this research are written test and observation. The data analysis uses descriptive statistics. The results obtained at baseline condition 1 (A-1) mean level is 0%, then mean level at intervention condition (B) is equal to 87,5%, and mean level at condition baseline 2 (A-2) is equal to 100%. During the intervention stage the child was able to use the media because the child was active and enthusiastic in following the instructions on how to use the media. Based on the aforementioned calculations, it can be concluded that the use of Cuisenaire rods media can improve the counting abilities of subtracting the original numbers of 1-10 in mild mental retardation child (AM), as evidenced by the increase in the counting abilities of subtracting the 0riginal numbers of 1-10 in each condition and the decrease in the dependency intensity of the subject to the help. Recommendations for the school and teachers is that the Cuisenaire rods media can be applied as a intructional media of learning in delivering to improve the counting learning of numerical subtraction of original numbers in a child with mental retardation.
Item Description:http://repository.upi.edu/34511/1/S_PKH_1204541_Title.pdf
http://repository.upi.edu/34511/2/S_PKH_1204541_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/34511/3/S_PKH_1204541_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/34511/4/S_PKH_1204541_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/34511/5/S_PKH_1204541_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/34511/6/S_PKH_1204541_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/34511/7/S_PKH_1204541_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/34511/8/S_PKH_1204541_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/34511/9/S_PKH_1204541_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/34511/10/S_PKH_1204541_Appendix.pdf