PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMKN 1 BANDUNG

Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah belum optimalnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Kearsipan. Fokus kajiannya pada faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dimana media pembelajaran dan komunikasi interpersonal guru merupakan faktor yang diduga memil...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Febri, Rachmawati (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-03-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34513/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04182 am a22003133u 4500
001 repoupi_34513
042 |a dc 
100 1 0 |a Febri, Rachmawati  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMKN 1 BANDUNG 
260 |c 2018-03-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/34513/1/S_PKR_1403939_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34513/2/S_PKR_1403939_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34513/3/S_PKR_1403939_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34513/4/S_PKR_1403939_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34513/5/S_PKR_1403939_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34513/6/S_PKR_1403939_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34513/7/S_PKR_1403939_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34513/8/S_PKR_1403939_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34513/9/S_PKR_1403939_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34513/10/S_PKR_1403939_Appendix.pdf 
520 |a Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah belum optimalnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Kearsipan. Fokus kajiannya pada faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dimana media pembelajaran dan komunikasi interpersonal guru merupakan faktor yang diduga memiliki pengaruh terhadap minat belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji tiga variabel yaitu Media Pembelajaran (X1), Komunikasi Interpersonal Guru (X2), dan Minat Belajar Siswa (Y). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari media pembelajaran dan komunikasi interpersonal guru terhadap minat belajar siswa di SMKN 1 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode survey eksplanatory. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert. Responden sebanyak 103 siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Bandung. Teknik analisis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh informasi bahwa media pembelajaran berada pada kategori tinggi, komunikasi interpersonal guru berada pada kategori sedang, sedangkan minat belajar siswa berada pada kategori tinggi. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa media pembelajaran dan komunikasi interpersonal guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMKN 1 Bandung. ;---The problem arising in the study was the lack of student learning interest in Archival subject. The focus of research relied on the factors affecting student learning interest where learning instrument and teacher interpersonal communication were the anticipated factors which have impact on student learning interest. Focusing on that, we would study three variables namely Learning Instrument (X1), Teacher Interpersonal Communication (X2), and Student Learning Interest (Y). The aim of the study was to obtain information regarding the influence of learning instrument and teacher interpersonal communication on student learning interest in SMKN 1 Bandung. Current research employed explanatory survey method, whilst data collection employed questionnaire with likert scale model. Involved respondents were 103 junior students majoring in Office Administration in SMKN 1 Bandung. Analysis technique used single and double regression analysis. Research findings revealed that learning instrument is at the uppermost category, teacher interpersonal communication is at the average category, and student learning interest at the uppermost category. Results showed that learning instrument and teacher interpersonal communication have positive and significant impact on student learning interest in Archival subject in SMKN 1 Bandung. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/34513/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/34513/