PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA DAN KERJASAMA SISWA DI SMPN 2 LEMBANG

Tujuan penilitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model cooperative learning untuk meningkatkan keterampilan bermain sepakbola dan kerjasama siswa di SMPN 2 Lembang. Penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan desain penelitian tindakan ke...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Luvian, Lulu (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34564/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penilitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model cooperative learning untuk meningkatkan keterampilan bermain sepakbola dan kerjasama siswa di SMPN 2 Lembang. Penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel yang digunkaan dalam penelitian ini adalah 10 % dari populasi yang mewakili yaitu 36 siswa. Pada tes awal keterampilan bermain dan kerjasama, siswa mendapatkan rata-rata skor dengan presentase 24% untuk keterampilan bermain dan 22% untuk kerjasama. Pada siklus I tindakan I terjadi peningkatan menjadi 30% untuk keterampilan bermain dan 32% untuk kerjasama, pada siklus I tindakan II terjadi peningkatan menjadi 50% untuk keterampilan bermain dan 50% untuk kerjasama, pada siklus II tindakan I terjadi peningkatan skor menjadi 65% keterampilan bermain dan 66% untuk kerjasama, pada siklus II itindakan II terjadi peningkatan 82% untuk keterampilan bermain dan 82% utuk kerjasama sehingga terlihat terjadi peningkatan pada setiap siklus dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan terdapat kemajuan yang signifikan pada penerapan model cooperative learning untuk meningkatkan keterampilan bermain sepakbola dan kerjasama siswa di SMPN 2 Lembang. ---------- students football skill and teamwork in SMPN 2 Lembang. This research uses class action research (PTK) and class action research (PTK) design. The sample in this research is 10% of the population that is 36 students. In the first test of the football skill and teamwork, students reach the average score with 24% for football skill and 22% for teamwork. In the cycle I action I there is an increasing become 30% for football skill and 32% for teamwork, while in the cycle 1 action II the increasing become 50% for football skill and 50% for teamwork, and in the cycle II action I the score is increasing to 65% for football skill and 66% for teamwork, in the cycle II action II the increasing become 82% for football skill and 82% for teamwork, these results show us that increasing happens in every cycle in this research. Therefore, it could be concluded that there is a significant progress in the implementation of cooperative learning model to increase students football skill and teamwork in SMPN 2 Lembang.
Item Description:http://repository.upi.edu/34564/1/S_JKR_1301849_Title.pdf
http://repository.upi.edu/34564/2/S_JKR_1301849_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/34564/3/S_JKR_1301849_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/34564/4/S_JKR_1301849_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/34564/5/S_JKR_1301849_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/34564/6/S_JKR_1301849_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/34564/7/S_JKR_1301849_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/34564/8/S_JKR_1301849_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/34564/9/S_JKR_1301849_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/34564/10/S_JKR_1301849_Appendix.pdf